IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGENAL MACAM-MACAM TANAMAN PADA ANAK USIA DINI DENGAN MELALUI KEGIATAN OUTBOND

Authors

  • sri indah rinawati TKIT Al Uswah

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, Tanaman, Media Outbond

Abstract

Dalam penelitian bermaksud untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses pembelajaran sains ketika mengenal macam-macam tanaman. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dalam 2 siklus dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak di TK Muslimat NU 08 Cumpleng Brondong Lamongan. Dengan jumlah siswa 24 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus data ketuntasan kelas yaitu sebesar 43%. Pada siklus I data keberhasilan mencapai 62% sedangkan pada siklus II mencapai 91%. Berdasarkan pengamatan siklus I ke siklus II mengalami perubahan yang signifikan. Maka dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media outbond dapat meningkatkan keterampilan proses sains mengenal macam-macam tanaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] I. F. A. A. S. EKAYATI and D. FITRIANI, “MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS DALAM ANALISIS BERAGAM RASA MELALUI MEDIA BAHAN ALAM.”
[2] E. B. Hurlock, “Perkembangan anak jilid 2,” Jakarta: Erlangga, 1978.
[3] A. Nugraha, “Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini,” Jakarta: Depdiknas, 2005.
[4] M. Mirawati and R. Nugraha, “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun,” Early Child. J. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 13–27, 2017.
[5] S. Suyanto, “Dasar-dasar pendidikan anak usia dini,” Yogyakarta Hikayat Publ., 2005.
[6] M. Ouvry and A. Furtado, Exercising muscles and minds: Outdoor play and the early years curriculum. Jessica Kingsley Publishers, 2019.
[7] H. L. Burdette and R. C. Whitaker, “Resurrecting free play in young children: looking beyond fitness and fatness to attention, affiliation, and affect,” Arch. Pediatr. Adolesc. Med., vol. 159, no. 1, pp. 46–50, 2005.

Additional Files

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles