PENGEMBANGAN MEDIA BUSYBAG UNTUK PEMBELAJARAN KEMAMPUAN KOGNITIF, BAHASA DAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI MEDIA BUSYBAG

Authors

  • kholifah kholifah universitas pgri ronggolawe
  • Sumiyati Sumiyati TK Tunas Bangsa Babat

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v2i2.337

Keywords:

Busybag, kognitif, anak usia dini

Abstract

Penelitianini dilatar belakangi kurangnya ketersediaan media yang menarik untuk pelaksanaan pembelajaran. Maka dari itu, peneliti melakukan pengembangan media  busybag untuk membantu pembelajaran anak usia 3-4 tahun terutama dalam perkembangan aspek kognitif, bahasa dan motorik halus. Tujuan dari‘penelitian ini adalah menciptakan sebuah media yang menarik  Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut, pengembangan media busybag menggunakan pendekatan penelitian RND (Researc and development) dengan menggunakan’model pengembangan Borg and Gall (dalamSugiono, 2015:35);yang terdiri dari 10 tahap dintaranya adalah:’1).Observasi’dan pengumpulan data, 2).Perencanaan, 3). Pengembangan bentuk awal’produk, 4).Pengujian lapangan bentuk’awal, 5).Revisi Produk awal, 6). Uji kelayakan produk, 7).’Revisi produk yang dioperasionalkan,;8). Pengujian;lapangan produk, 9).Revisi produk akhir, 10). Pendesiminsian dan pengimplementasian. Akan tetapi dikarenakan adanya pandemi covid-19 maka peneliti hanya menggunakan beberapa langkah yaitu’1). Observasi dan pengumpulan data, 2). Perencanaan, 3).Pengembangan bentuk awal, 4).Uji kelayakan produk, 5). Revisi produk akhir. Hasil penelitian media Busybag telah diuji oleh 2’dosen ahli materi dan 3 dosen ahli media. Penghitungan darirahli media mendapat 4,23 dan dinyatakan valid, dari ahli materi sendiri penghitungan mendapatkan 4,1 dan dinyatakan valid menjadi media busybag untuk membantu  dalam pembelajaran  kemampuan kognitif, bahasa dan’motorik halus anak usia 3-4 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekayati, I. A. S., & Efendi, D. I. (2018). PROFIL PRAKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 3(1), 96–99.
Ekayati, I. A. S., & Efendi, D. I. (2021). Students Perception of the Management of the Teaching Interenship Program During the Covid-19 Pandemic. Proceeding of International Conference in Education, Science and Technology, 110–115.
Ihsan, M., Ma’mun, A., & Yusup, U. (n.d.). Pengembangan Social Emotional Competencies melalui Outdoor Education Development of Social Emotional Competencies through Outdoor Education.
Nugraha, A. (2005). Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Nugrahani, R., & Permata, R. D. (2021). VALIDASI MEDIA BUKU LIFT THE FLAP UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 6(1), 691–696.
Nurmayasari, N., & Ekayati, I. A. S. (2021). DESIGN PENGEMBANGAN MEDIA UNTUK MENGASAH KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 6(1), 402–406.
Sugiyono, P D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bagian III. Bandung: Alfabeta. Cv.
Sugiyono, P D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.
Sugiyono, Prof Dr. (2010). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif.
Susanti, Y. O. (2017). Meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui bermain peran mikro. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 63–70.

Downloads

Published

2021-12-31