PENGEMBANGAN MEDIA RODA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULUSI KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5 – 6 TAHUN TK B MUSLIMAT 02

Authors

  • Ifa Aristia Sandra Ekayati
  • Latifah Devi Cahyani TK Muslimat 02 Desa Brengkok
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Roda Pembelajaran, Kognitif, anak usia 5-6 tahun

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan berhitung pada anak, guru kurang kreatif dan bervariasi sehingga anak lebih mudah bosan saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Roda pembelajaran sebagai media untuk menstimulasi kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. (Sugiyono, 2012:407) (Aditama, n.d.) Tahap penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap penelitian pengembangan R&D yaaitu potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi. Dalam penelitian ini digunakan angket penilaian untuk memvalidasi media pembelajaran. Angket penilaian instrumen ini digunakan untuk menunjukan adanya tingkat kevalidan atau kelyakan media rumah pintar. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatuf diperoleh dari penelitian kualitas produk berupa saran dari ahli media dan ahli materi. Data kuantitatif yaitu skor yang didapat dari kuisioner yang diisi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil uji validasi ahli media memperoleh skor 82,6% (sangat layak). Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 74,9%. (layak), hasil persentase 78,7% (sangat layak) bahwa media Roda pembelajaran sebagai media pembelajaran edukatif, dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan berhitung pada anak usia 5 – 6 tahun

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Nugrahani and R. D. Permata, “VALIDASI MEDIA BUKU LIFT THE FLAP UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 691–696, 2021.

A. H. Dewolf, F. Sylos-Labini, G. Cappellini, F. Lacquaniti, and Y. Ivanenko, “Emergence of different gaits in infancy: relationship between developing neural circuitries and changing biomechanics,” Front. Bioeng. Biotechnol., vol. 8, p. 473, 2020.

I. A. S. Ekayati and D. I. Efendi, “Implementasi Model Pembelajaran Modified Inquiry pada Konsep Pengenalan Warna Anak Usia Dini,” Tarbiyatuna Kaji. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2019.

R. D. Permata, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020.

I. A. S. Ekayati and D. I. Efendi, “PROFIL PRAKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 3, no. 1, pp. 96–99, 2018.

C. Castagna, S. D’Ottavio, J. G. Vera, and J. C. B. Álvarez, “Match demands of professional Futsal: a case study,” J. Sci. Med. Sport, vol. 12, no. 4, pp. 490–494, 2009.

I. A. S. Ekayati and D. L. Rosiqoh, “PENERAPAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 162–165, 2021.

K. Kholifah and P. Astutik, “PENGEMBANGAN MEDIA APRON HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 190–193, 2021.

W. Huitt and J. Hummel, “Piaget’s theory of cognitive development,” Educ. Psychol. Interact., vol. 3, no. 2, pp. 1–5, 2003.

M. Dresel, A. Ziegler, P. Broome, and K. A. Heller, “Gender differences in science education: The double‐edged role of prior knowledge in physics,” Roeper Rev., vol. 21, no. 2, pp. 101–106, 1998.

M. B. Geometri, “Efektivitas Permainan Stimulasi Visual-Taktil Terhadap Kemampuan.”

Additional Files

Published

2022-10-31