Program Ajang Pencarian Bakat “Indonesian Idol” di Televisi Dalam Perspektif Ekonomi Politik Media

Authors

  • Kristin Tri Lestari Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.0005/poligovs.v1i1.672

Keywords:

Televisi, Ekonomi, Politik, Media

Abstract

Tahun 2022 maupun tahun-tahun sebelumnya, Indonesia diwarnai dengan berbagai macam jenis acara yang berbasic ajang pencarian bakat, seperti Akademi Fantasi Indosiar, Mamamia, Indonesian Idol, Idola Cilik, Indonesia Mencari Bakat, X Faktor, The Voice Indonesia, dan lainnya. Berbagai jenis kekhasan maupun keunggulan dari masing-masing ajang tersebut menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Banyaknya program ajang pencarian bakat menjadikan program tersebut sebagai program mayoritas, apalagi pemenang dalam program pencarian bakat ditentukan oleh dukungan dari masyarakat. Persaingan antar stasiun televisi menciptakan ide-ide serta karya-karya yang hebat demi menarik para pemirsa televisi diseluruh tanah air tidak terkecuali program “INDONESIAN IDOL”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana program ajang pencarian bakat “INDONESIAN IDOL” di televisi dalam perspektif ekonomi politik media. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah ajang pencarian bakat “INDONESIAN IDOL” di televisi dengan menggunakan pendekatan ekonomi politik media ( komodifikasi, spasialisasi dan strukturisasi). Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara yang diperoleh langsung dari key informan dan informan, dimana dalam penentuan key informan peneliti menggunakan purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman dengan aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-30