RANCANG BANGUN APLIKASI MARKETPLACE PORTAL DIGITAL LAMONGAN BERBASIS WEB (MEGILAN MARKET)

Authors

  • Muhammad Alil Mafahir Universitas Billfath
  • Avin Kusuma Putra Universitas Billfath
  • Maulidina Rahmawati Surya Universitas Billfath

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v1i1.542

Keywords:

UMKM, Megilan Market, Sistem Informasi, Website

Abstract

Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM), kurangnya pemahaman tentang pemasaran bisnis menjadi permasalahan tersendiri yang sering dialami UMKM, terutama jika berkaitan dengan teknologi atau pemasaran digital, di Indonesia sendiri meski sudah banyak pelaku UMKM yang menjual produknya secara online melalui media sosial atau marketplace, pemahaman tentang pemasaran digital masih belum maksimal sehingga potensi keuntungan yang diperoleh pun masih belum optimal. Mengamati secara langsung bahwa tidak sedikit masyarakat Indonesia khususnya di Lamongan banyak para pelaku UMKM yang belum maksimal atau belum optimal penjualan dan minimnya informasi dari produk sehingga pembeli atau masyarakat sekitar sangat minim pengetahuannya tentang produk UMKM tersebut.  Dengan banyaknya masyarakat yang tidak mau susahketika berbelanja berbagai produk UMKM, karena mungkin kurang tahunya masyarakat atau calon pembeli membeli bermacam produk UMKM, akhirnya kami mengambil permasalahan tersebut untuk kami angkat dalam tugas kewirausahaan kami, dan tugas kami diharapkan akan menjadi solusi yang sangat tepat, yaitu dengan membuat sebuah MarketPlace khusus dalam dunia UMKM dengan nama Megilan Market (Portal Digital UMKM Lamongan). Metode yag digunakan menggunakan model bisnis ecommerce yaitu B2C dengan implementasi berbasis mobile sehingga dapat memudahkan konsumen dalam bertransaksi dan meningkatkan pendapatan dari penjualan produkUMKM Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonimus, 2015. Tim Kementerian Koperasi dan UMK.

Akmalia,2018. Analisis Faktor-faktor Penggunaan E-Commerce Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Pengusaha Perak Di Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Yogyakarta.

Hermawan, Alfabeta Agus,. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller., 2012, Marketing Managemen. (edisi 14). Global edition: Pearson Education Osterwalder, A dan Pigneur, Y. 2010. Business Model Generation : A Handbook for Visionaries, Game Changers dan Challangers. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Putra, D.E., Astuti, E.S, dan Riyardi. 2015. Pengaruh Kemudahan Terhadap Kemanfaatan, Minat dan Penggunaan E-Commerce. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 21 No. 02. Universitas Brawijaya. Malang

Riyardi, H.S dan Ardyanto, D.2015. Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-commerce Terhadap Keputusan Pembeli. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 22 No. 01. Universitas Brawijaya. Malang

Sevtian, F. I. 2011. Pengaruh E-commerce Terhadap Tingkat Volume Penjualan Sandal Kelom Geulis Di CV Kelomgeulis Tasikmalaya.Skripsi. Jakarta: FPEB Universitas Pendidikan Indonesia.

Sidharta, I. dan Suzanto, 2015. Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap serta Perilaku Konsumen pada E-commerce. Jurnal Coputech&Bisnis. Vol. 9. STMIK. Yogyakarta.

Strauss, J. and Frost, R., 2014. E-marketing. Pearson Education

Additional Files

Published

2020-12-31

How to Cite

Mafahir, M. A., Putra, A. K., & Surya, M. R. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI MARKETPLACE PORTAL DIGITAL LAMONGAN BERBASIS WEB (MEGILAN MARKET). Curtina , 1(1), 78–87. https://doi.org/10.55719/curtina.v1i1.542

Issue

Section

Articles