PENERAPAN ALGORITMA PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENENTUKAN PENJURUSAN MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA PADA STMIK MUSIRAWAS

Authors

  • ali amran ITB Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v4i2.986

Keywords:

Algoritma K-Means , Penjurusan Konsentrasi

Abstract

K-Means merupakan algoritma clustering data berulang-ulang, dengan menentapkan nilai-nilai cluster (K) secara random, untuk sementara nilai tersebut menjadi pisat dari cluster atau biasa disebut dengan centroid, mean atau “means”.Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Musirawas memiliki tiga program studi yaitu Teknik Informatika(TI), Sistem Informasi(SI), dan Sistem Komputer(SK).Program studi teknik informatika mempunyai konsentrasi keahlian seperti Web Engineering dan Database Engineering yang sesuai dengan kurikulum program studi teknik informatika di STMIK Musirawas  , proses penentuan Penjurusan saat ini secara langsung dapat ditentukan berdasarkan minat mahasiswa yang telah memilih mata kuliah konsenterasi keahlian pada halaman Kartu Rencana Studi yang terdapat di website Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Musirawas  . . Proses penentuan Penjurusan kosentrasi seperti ini tidak efektif  karena belum tentu mahasiswa yang memilih konsentrasi Web Engineering mempunyai nilai mata kuliah pendukung konsentrasi Web Engineering  yang baik dan juga sebaliknya mahasiswa yang memilih konsentrasi Software Engineering belum tentu mempunyai nilai mata kuliah pendukung konsentrasi Software Engineering yang baik juga.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. T. Vulandari, Data Mining Teori dan Aplikasi Rapidminer. Yogyakarta: Gava Media, 2017.

Y. P. Ario, “Implementasi Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 Tentang Penerapan E-KTP Berbasis Nomor Induk Kependudukan Di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda.” 2014.

Kbbi.web.id, “Definisi Penerapan,” 2017. [Online]. Available: https://kbbi.web.id/terap-2.

W. R. Danang Aditya Nugraha, “Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan Di Sma Menggunakan Metode Neural Network Backpropagation,” pp. 1–6, 2014.

M. N. Desta Putu Wikarta, “Penerapan Konseling Trait And Factor Pada Siswa Yang Mengalami Kesulitan Memilih Program Penjurusan Bahasa,” pp. 1–10, 2013.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

amran, ali. (2023). PENERAPAN ALGORITMA PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENENTUKAN PENJURUSAN MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA PADA STMIK MUSIRAWAS. Curtina , 4(2), 44–54. https://doi.org/10.55719/curtina.v4i2.986

Issue

Section

Articles