Penerapan Teknologi Informasi Sebagai Media Penjualan Burung Online Pada Toko Putera Sangkar Kabupaten Rembang Berbasis Web

Authors

  • Sholihul Ibad Institut Teknologi dan Bisnis Tuban
  • Teguh Iksan Prabowo Institut Teknologi dan Bisnis tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v4i2.988

Keywords:

Sangkar burung, Teknologi informasi, Penjualan online, web

Abstract

Toko Putera Sangkar merupakan peternakan burung yang terletak di Jl. Lingkar Selatan, Torejo, Mondoteko, Kecamatan. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Dalam proses pemasaran penjualan burung, Toko Putera Sangkar masih menggunakan sistem manual yaitu dari mulut ke mulut yang dirasa kurang maksimal. Dan karena pemasaran masih dilakukan secara manual, proses pemasarannya pun terbatas oleh waktu dan tidak bisa 24 jam, selain itu para pencinta burung tidak bisa melihat update terbaru koleksi burung yang dijual di Toko Putera Sangkar. Tujuan penelitian ini menerapkan teknologi informasi dengan membangun sebuah sistem berbasis web sebagai media penjualan yang ada di Toko Putera Sangkar. Sehingga dapat membantu Toko Putera Sangkar dalam proses pemasarannya dan juga untuk meningkatkan promosi. Waktu pemasaran juga tidak terbatas karena customer dapat melihat produk kapan saja dan bisa melihat informasi burung-burung yang ada di Toko Putera Sangkar melalui video di website. Pendataan burung yang dijual seperti informasi jenis burung, gambar burung, harga burung, dan stok yang tersedia dilakukan secara terkomputerisasi. Data yang dianalisis pada Toko Putera Sangkar yaitu dari hasil observasi dan wawancara. Metode yang digunakan adalah waterfall dengan hasil penelitian sebuah website penjualan burung online berbasis web. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah sistem penjualan berbasis web.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ameriza, J. and Kurniadi, D. (2021) ‘Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Servis AC Berbasis Web (Studi kasus : CV Mitra LG Bukittinggi)’, Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 9(2), p. 9. Available at: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.111430.

Handayani, S. (2018) ‘Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta’, ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), pp. 182–189.

Ali, M. y. (2013). Logika Dan Algoritma. Surabaya: Politeknik Elekronika Negeri Surabaya.

Kristian, A. (2015). Perancangan Sistem. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugroho. (2006). Strategi Penjualan Melalui Internet. Yogyakarta: Andi Offset.

Prasetyawan, W. (2020). Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web Pada CV. Kicau Burung Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Komputer, 32-40.

Rifky, N. K. (2016). Implementasi Sistem Penjualan Burung Online Pada UD. Doax Semarang. Ilmu Komputer, 1-11.

Simarmata. (2021). Teknik Pengujian Sistem. Bandung: Penerbit Informatika.

Solekhan, T. A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Sangkar Burung di Kabupaten Kudus. SNATIF (pp. 23-36). Kudus: Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus.

Sukamto, S. (2013). Modul Pembelajaran Rekayasa Peragkat Lunak. Bandung: Media Grafika.

Wahana. (2006). Bisnis E-Commerce. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ibad, S., & Teguh Iksan Prabowo. (2023). Penerapan Teknologi Informasi Sebagai Media Penjualan Burung Online Pada Toko Putera Sangkar Kabupaten Rembang Berbasis Web. Curtina , 4(2), 55–64. https://doi.org/10.55719/curtina.v4i2.988

Issue

Section

Articles