PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI ) DAN SOCIAL MEDIA DALAM PELAKSANAAN PEMILU 2024

Authors

  • Devied Febriyanto ITB Tuban
  • Mochammad Rizqi Aji Pangestu

DOI:

https://doi.org/10.55719/curtina.v4i2.993

Keywords:

Artificial Intelligence, social media

Abstract

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah banyak di implementasikan di dalam aplikasi media sosial. Media sosial sendiri sekarang hampir semua masyarakat Indonesia mengguanakannya. Ini tidak lepas dari teknologi Internet yang semakin mudah dijangkau.

Dalam menghadapi PEMILU (Pemilihan Umum) 2024 sebuah kontestasi politik lima tahunan media sosial berperan sebagai alat untuk mengenalkan sosok calon Presiden/Wakil Presiden, calon Legisatif ataupun Pemimpin daerah sampai level kabupaten.

Media sosial dengan semua teknologi yang menunjangnya turut serta berkontribusi terhadap setiap tahapan pemilu, akan tetapi tidak semua aktifitas media sosial berdampak positf terhadap proses Pemilu itu sendiri. Teknologi Artificial Intelligence (AI) diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap kegiatan pemilu di media sosial bukan sebaliknya semakin memperbanyak informmasi yang belum bisa dikonfirmasi kebenarannya dan tidan berimbang yang dampaknya malah merugikan masyarakat Indonesia di saat melaksanakan kegiatan Pemilu di Tahun 2024

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Pakpahan, “ANALISA PENGARUH IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM KEHIDUPAN MANUSIA,” Journal of Information System, Informatics and Computing Issue Period, vol. 5, no. 2, pp. 506–513, 2021, doi: 10.52362/jisicom.v5i2.616

Jaya, dkk. 2018. Kecerdasan Buatan. Makassar: Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.

Bambang, 2020. https://www.itb.ac.id/berita/detail/57589/inovasi-artificial-intelligence-dalam-pendeteksiancovid-19

Astuti, 2021. Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence untuk Penguatan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi. Jurnal Sistem Cerdas (2021) Vol 04 - No 01 eISSN : 2622-8254 Hal : 25 – 34, 2021.

https://apic.id/jurnal/index.php/jsc/article/view/124

Amazon. https://aws.amazon.com/id/machine-learning/what-is-ai/

Deng & Yu , 2019. https://mmsi.binus.ac.id/2019/11/26/apakah-deep-learning/

Maryani Farwati, Irenda Talitha Salsabila, Kholifah Raihanun Navira,Tata Sutabri, "ANALISA PENGARUH TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI," Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen Issue Period,Volume 11 Nomor.01 2023

Andi Fadli,"ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB JURNALIS (STUDI PEMBERITAAN HOAX MELALUI MEDIA ONLINE DI KOTA MAKASSAR),"Jurnalisa Vol 04 Nomor 2/ November 2018

Edwi Arief Sosiawan, Rudi Wibowo,"Kontestasi Berita Hoax Pemilu Presiden Tahun 2019 di Media Daring dan Media Sosial,"Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 17 Nomor 2, Agustus 2019, halaman 133-142

Kompas,https://www.kompas.id/baca/riset/2023/02/20/ruang-media-sosial-terbuka-luas-siapa-partai-paling-diuntungkan

Kominfo,https://www.kominfo.go.id/content/detail/14795/mengatur-kampanye-di-media-sosial/0/sorotan_media

Triono,"PEMILU DAN URGENITAS PENDIDIKAN POLITIK MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN YANG BAIK," jurnal Agregasi Volume 5 / Nomor 2 / Tahun 2017

We Are Social,https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Febriyanto, D., & Mochammad Rizqi Aji Pangestu. (2023). PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI ) DAN SOCIAL MEDIA DALAM PELAKSANAAN PEMILU 2024. Curtina , 4(2), 37–43. https://doi.org/10.55719/curtina.v4i2.993

Issue

Section

Articles