PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI KINGDOM PLANTAE TERHADAP MINAT WIRAUSAHA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
Keywords:
scientific approach, bioentrepreneurship, entrepreneurial interest, learning outcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan pendekatan saintifik berbasis Bioentrepreneurship dalam pembelajaran biologi. 2) Mengetahui pengaruh minat wirausaha siswa dalam pendekatan saintifik berbasis Bioentrepreneurship pada materi kingdom plantae. 3) Mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam pendekatan saintifik berbasis Bioentrepreneurship pada materi kingdom plantae. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design. Objek penelitiannya adalah siswa kelas X IPA MA NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. Kelas X B sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non-tes. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Untuk mengetahui minat wirausaha siswa digunakan melalui uji t-test independent, sedangakn untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari pendekatan pembelajaran berbasis Bioentrepreneurship pada materi kingdom plantae yang berorientasi minat wirausaha dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil uji t memiliki nilai > (2,660>1,668), jadi rata-rata hasil belajar (kognitif) siswa dengan pendekatan pembelajaran berbasis Bioentrepreneurship lebih besar daripada rata-rata hasil belajar (kognitif) siswa dengan model pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil uji t independen menunjukkan > 43,091 > 2,034), jadi rata-rata minat wirausaha kelas eksperimen dengan pendekatan saintifik berbasis Bioentrepreneurship lebih besar daripada rata-rata hasil belajar (kognitif) siswa dengan model pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Aini, Mega Pratitis Nur., Sigit Santosa, dan Nurhasan Hamidi. “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha.” Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi 3, no. 2 (2017) – 22 Januri, 2021 – https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/11506.
Barus, Pitri Yani dan Esi Emilia. “Hubungan Peranan Keluarga dan Hasil Belajar Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar.” GARNISH: Jurnal Pendidikan Tata Boga 2, no. 2 (2018) – 30 Juli 2021 - https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/garnish/index.
Fitriah, Eka. “Implementasi Bioentrepreneurship Pada Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Life Skills dan Minat Wirausaha Siswa Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren di Cirebon.” Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains 2, no. 1 (2016) – 09 Oktober, 2020 - http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/467.
Fitriah, Eka. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bioteknologi Berorientasi Bioentrepreneurship Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat Wirausaha dan Hasil Belajar Siswa.” Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains 1, no. 1 (2012) – 01 Oktober, 2020 - http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/499.