VALIDASI SOAL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK CALON GURU BIOLOGI

Authors

  • ifa seftia Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/jpb.v1i2.278

Keywords:

science, technology, engineering, mathematics, biology

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan soal-soal berbasis STEM untuk  mahasiswa sehingga dikategorikan sebagai penelitian pengembangan (R & D). Produk penelitian ini ditujukan untuk mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban (UNIROW) angkatan 2017. Waktu penelitian dimulai bulan April tahun 2020 sampai dengan bulan Juli tahun 2020. Model pengembangan Dick and Carey dipilih sebagai desain penelitian ini. Desain penelitian pengembangan Dick and Carey terdiri dari 7  langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan. Desain penelitian ini digunakan karena lebih spesifik dalam pengembangannya. Pada tahap awal penelitian dilaksanakan research yaitu tahapan penelitian atau studi literatur untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan produk yang akan dikembangkan. Tahap pengembangan yang digunakan terdiri dari sepuluh tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) analisis bentuk soal berbasis STEM, (3) analisis materi dengan keterampilan yang ingin dicapai, (4) merumuskan tujuan  pencapaian keterampilan, (5) mengembangkan soal berbasis STEM, (6) validasi soal berbasis STEM, (7) revisi soal berbasis STEM. Produk ini belum diujicobakan secara luas karena terhambat pandemi Covid-19. Soal-soal berbasis STEM yang dikembangkan berupa soal esai yang terdiri dari soal Pretest, soal Latihan, dan soal Posttest. Setiap soal menunjukkan salah satu profil kemampuan STEM. Berdasarkan hasil validasi dapat diketahui bahwa semua aspek penilaian mendapatkan kriteria sangat baik. Aspek yang mendapatkan persentase skor tertinggi adalah aspek kesesuaian isi dengan persentase skor sebesar 84,38 %. Sedangkan aspek yang mendapatkan persentase skor terendah adalah aspek kegrafikan dengan persentase skor sebesar 82,14 %. Aspek kebahasaan mendapatkan persentase skor sebesar 82,50 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, W. N. 2016. Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, 1 (2): 119-126.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: Kemendikbud.
Bybee, Rodger W. 2013. The Case for STEM Education Challenges and Opportunities. Washington DC: NTSA Press Books.

Capraro, Mary M & Robert M. Capraro. 2015. In-service Teachers’ Implementation and Understanding of STEM Project Based Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 11(1), 63-67.

Dyer, Jeffrey H.; Gregersen, Hal B., and Christensen, Clayton M. 2009. The innovator’s DNA. Harvard Business Review, December 2009, pp. 1-10.

Hanover. 2011. K-12 STEM education overview. Washington DC: Connecticut, NW.

Reeve, J. 2013. How students create motivationally supportive learning environments for themselves: The concept of agentic engagement. Journal of Educational Psychology, 105(3), 579-595.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trilling, B., & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.

Wang, H., Moore, T., Roehrig, G., & Park, M. 2011. STEM integration: Teacher perceptions and practice. Journal of Pre-College Engineering Education Research, 1(2), 1-13.

Wiggins, G., and McTighe, J. 2011. The Understanding by Design guide to creating high-quality units. Alexandria, VA: ASCD.

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

seftia, ifa. (2021). VALIDASI SOAL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK CALON GURU BIOLOGI. JPB - Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 34–42. https://doi.org/10.55719/jpb.v1i2.278

Issue

Section

Articles