Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) Integrasi Strategi Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMAN 11 Pinrang

Authors

  • Muhammad - Ainurridho Kabupaten Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.55719/jpb.v1i2.289

Keywords:

PJBL, strategi motivasional ARCS, angket motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning berbasis strategi motivasional ARCS terhadap motivasi peserta didik pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Negeri 11 Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian adalah penelitian ekserimen semu (quasi eksperimen) yang melibatkan dua kelompok dimana salah satu berperan sebagai kelompok eksperimen dan yang lain sebagai kelompok kontrol dengan desain penelitian Matching pretest-postest comparison group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling dengan mengambil nilai kognitif semester sebelumnya (diambil dari nilai rapor) dan dilihat kesetaraannya melalui uji-F Anova satu jalur dengan nilai signifikansi 0,275 dengan kesimpulan kelas yang dilakukan penelitian setara dalam hal kognisi . Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah angket Motivasi. Tes hasil belajar digunakan sebagai data pendukung untuk membuktikan  korelasi  atau  hubungan antara motivasi peserta didik dengan hasil belajar yang telah mereka peroleh. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan minat dan hasil belajar sedangkan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian yang dilakukan dengan analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran PJBL berbasis strategi motivasional ARCS terhadap motivasi siswa SMAN 11 Pinrang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, A.N. Aldi. F.I, Reski. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Genetic Vocabulary Cards untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sainsmat. 7 (2): 177-184.
Aryawan, B.M. Wayan, L & Made, Y. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Jurnal Program Pascasarjana. Volume 4 Nomor 1 (hal 1-11).
Asiyah, N. (2012). Analisis Motivasi Mahasiswa Biologi Dalam Praktikum Ekologi Materi Pokok Daur Ulang Limbah Organik di IAIN Walisongo Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. (Skripsi). Semarang: Program Studi Pendidikan Biologi IAIN Walisongo.
Aswar, N.G. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Sistem Peredaran Darah Bagi Peserta Didik di SMAN 2 Binamu. (Skripsi). Makassar: Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar.
Bahri, A & A.D, Corebima. (2015). The Contribution of Learning Motivation and Metacognitive Skill on Cognitive Learning Outcome of Student Within Different Learning Strategies. JOURNAL OF BALTIC SCIENCE EDUCATION. 14 (4): 487-500.
Bandura, A & Schunk, D.H. (1981). Cultivating Competence, Self-Efficacy, and Intrinsic Interest Through Proximal Self-Motivation. Journal of Personality and Social Psychology. Volume 41 Nomor 3 (hal 586-598).
Blumenfeld, P.C. Elliot, S.Ronald, W.M. Joseph, S.K. Mark, G & Annemarie, P. (1991). Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning. Educational Pshychologist. Volume 26 Nomor 3-4 (hal 369-398).
Dweck, C.S. (1986). Motivational Processes Affecting Learning. Journal of American Psychologist. Volume 41 Nomor 10 (hal 1040-1048).
Hamdu, G & Lisa, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 12 Nomor 1 (hal 81-86).
Hamka, L. N.A, Sofyan. A.R, Saleh. (2018). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Bioteknologi. Jurnal Nalar Pendidikan, 6 (1): 14-23.
Hartono, S. Nugroho & Edi. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (2): 108-112.
Keller, J.M. (1987). Development and use of the ARCS Model of Instructional Design. Journal Of Instructional Development. Volume 10 Nomor 3 (hal 2-10).
Keller, J.M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. New York: Springer.
Mandagi, M. (2014). Pengembangan Strategi Motivasional Pada Mata Pelajaran PKN Dalam Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1 (1): 107-108.
Muhiddin, P. (2012). Potensi Integrasi Problem Based Learning dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Bionature, 13 (1): 1-9.
Noll, V. (1935). Measuring The Scientific Attitude. The Journal Of Abnormal and Social Psychology. Volume 30 Nomor 2 (hal 145-154).
Nurhayati, B. (2006). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme dan Kinerja Guru Biologi di SMAN Kota Makassar Sulawesi Selatan. Mimbar Pendidikan, 4 (25): 64-70.
Nurman, R. (2017). Pengaruh Strategi PBLRQA Terhadap Keterampilan Metakognitif, Retensi dan Sikap Ilmiah Mahasiswa dengan Kemampuan Akademik Berbeda Pada Perkuliahan Fisiologi Hewan. (Thesis). Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Rao, B. (2003). Scientific Attitude. New Delhi: Discovery Publishing House.
Ray & Nancy, L. (1992). Motivation in Education. Artikel. New Mexico: Eastern New Mexico University.
Safitri. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Rejotangan. (Skripsi). Tulungagung: Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung.
Sudrajat, Akhmad. (2008). Teori-Teori Motivasi. Diakses pada tanggal 05 Juli 2018 Tersedia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/06/teori-teori-motivasi/.
Sunarmi. Murni, S & Ainun, N.H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X4 SMAI Ma’arif Singosari-Malang-Jawa Timur. Jurnal UM. (hal 6).
Supardi, U.S. Leonard. Suhendri, H & Rismurdiyati. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, Volume 2 Nomor 1 (hal 71-81).
Thomas, J.W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation.
Uno. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wlodkowski, R.J. (1984). Motivation and Teaching : A Practical Guide. Washington: National Education Association.
Zaduqisti, E. (2010). Problem-Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Berprestasi). Forum Tarbiyah. Volume 8 Nomor 2 (hal 181-191).
Zuckerman, M. (1971). Dimensions of Sensation Seeking. Journal of Consulting and Clinical Psychology. Volume 36 Nomor 1 (hal 45).

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Ainurridho, M. .-. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) Integrasi Strategi Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMAN 11 Pinrang. JPB - Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.55719/jpb.v1i2.289

Issue

Section

Articles