UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR STRUKTUR JARINGAN HEWAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE

Authors

  • PATEKUR S.Pd. SMA Negeri 1 Paciran dan Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan Biologi UNIROW

DOI:

https://doi.org/10.55719/jpb.v1i2.301

Keywords:

Cooperative, Learning Model, Think Pair Share, Biologi Learning, Learning Outcomes

Abstract

Abstract

This study aims to determine the increase in learning outcomes of animal tissue structure in class XI IPA 5 SMAN 1 Paciran through the application of the Think Pair Share (TPS) learning model. This research includes classroom action research with descriptive quantitative research methods. This study adapts the model of Kammis and Mc. Tangart which consists of four steps in a spiral, namely planning, implementation, observation, and reflection in cycle I and cycle II. The subjects of this study were 28 students of class XI IPA 5,14 male students and 14 female students. The instrument of data collection in this study was the learning outcome test instrument which was carried out at the end of each cycle. The research data were analyzed using the percentage statistical method, then compared with the KKM provisions. The results of this study indicate that the application of the Think Pair Share (TPS) learning model can improve student learning outcomes on the material of animal tissue structure, first, increase the average value of learning outcomes from a value of 80 in the first cycle to 85.79 in the second cycle. Second, an increase in the number and percentage of students' completeness from 21 or 75% of students in the first cycle, to 24 or 85.7% of students who completed learning in the second cycle. This study can be concluded that the application of the Think Pair Share (TPS) learning model is able to improve learning outcomes of animal tissue structure material for class XI IPA 5 with an increase in the average score of 5.79 points, and 3 or 10.7% of students who complete learning.

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar struktur jaringan hewan di kelas XI IPA 5 SMAN 1 Paciran melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan  metode penelitian kuantitatif  deskriptif. Penelitian ini mengadaptasi model Kammis dan Mc. Tangart yang terdiri dari empat langkah secara spiral, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini sejumlah 28 siswa kelas XI IPA 5,14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data  pada penelitian ini dengan instrument tes hasil belajar yang dilakukan setiap akhir siklus. Data penelitian dianalisis dengan metode statistik persentase, kemudian dibandingkan dengan ketentuan KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran  Think  Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur jaringan hewan, pertama, peningkatan rata-rata nilai hasil belajar dari nilai 80 pada siklus I menjadi 85,79 pada siklus II. Kedua, peningkatan jumlah dan persentase ketuntasan siswa dari 21 siswa atau 75% pada siklus I, menjadi  24 siswa atau 85,7%  yang tuntas belajar pada siklus II.  Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) mampu meningkatkan hasil belajar materi struktur jaringan hewan  kelas XI IPA 5 dengan peningkatan rata-rata nilai siswa 5,79 poin, dan 3 siswa atau 10,7% siswa yang mencapai ketuntasan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, D. 2017. Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas I. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 328–334.
Boleng, D. T. 2014. Pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dan Think- Pair-Share terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, dan hasil belajar kognitif Biologi siswa SMA multietnis. Jurnal Pendi Dikan Sains, 2(2), 76–84.
Haviz, M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Belajar Melakukan PTK Dengan Model Integratif. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.
Hetika, H., Farida, I., & Sari, Y. P. 2017. Think Pair Share (TPS) as Method to Improve Student’s Learning Motivation and Learning Achievement. Dinamika Pendidikan, 12(2), 125–135. https://doi.org/10.15294/dp.v12i2.13561
Musfiqon, M., & Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik (Vol. 148). Nizamia Learning Center.
Ni’mah, A., & Dwijananti, P. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Viii Mts. Nahdlatul Muslimin Kudus. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 18–25. https://doi.org/10.15294/upej.v3i2.3593
Novita, R. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Trigonometri di Kelas XI IA1 SMA Negeri 8 Banda Aceh. 5(1), 128–135.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center.
Pradana, O. R. Y. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP%0APengaruh
Sadipun, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdi Ende 14. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.33366/ilg.v3i1.1461
Saenab, S., & Puspita, I. 2012. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Mangkutana. Jurnal Bionature, 13(2), 127–135.
Sudarman. 2019. Pengembangan Kurikulum : Kajian Teori dan Praktik. Samarinda: Mulawarman University Press.
Sudirman, R. M. 2016. Implementasi Model-Model Pembelajaran dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar.
Sudjana. 1982. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Tawil, A. H. M., Ismaimuza, D., & Rochaminah, S. 2014. Penerapan Pendekatan Scientific Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Kelas Vii Smpn 6 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 87–97.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.
Wijaya, C., & Syahrum, S. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan Penelitian untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

S.Pd., P. (2021). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR STRUKTUR JARINGAN HEWAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE. JPB - Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 24–33. https://doi.org/10.55719/jpb.v1i2.301

Issue

Section

Articles