Efektifitas Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.55719/jpb.v1i2.304Keywords:
Flipped Classroom; Learning outcomeAbstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada bidang pendidikan yaitu, proses pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Sehingga, guru dituntut untuk kreatif dalam mendesain pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom pada materi pokok Gerak pada Manusia, Hewan, dan Tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang dipilih adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Pretest dilakukan untuk mengetahui hasil belajar subjek penelitian sebelum model pembelajaran Flipped Classroom diberikan. Setelah perlakuan, hasil belajar subjek penelitian diketahui berdasarkan hasil posttest. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar. Analisis data hasil penelitian menggunakan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase N-Gain Score sebesar 75% atau berkategori tinggi. Sehingga, kesimpulan penelitian adalah penerapan Flipped Classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro pada tahun ajaran 2020/2021 materi pokok Gerak pada Manusia, Hewan, dan Tumbuhan.
Downloads
References
Hakim, L. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 1–11.
Ishak, T., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Guna Meningkatkan Interaksi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Informasi dan E-Administrasi. Edcomtech (Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan), 4(2), 109–119.
Iswara, W., Gunawan, A., & Dalifa, D. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal PGSD, 1(1), 1–7.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13–20.
Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edutcehnologia, 3(2), 160–170.
Rusnawati, M. D. (2020). Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi. Jurnal Ilmiah Pendiidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 139–150.
Situmorang, R. M., Muhibbuddin, & Khairil. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Edubio Tropika, 3(2), 51–97.
Ubaidillah, M. (2019). Penerapan Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Chusnaniyah Surabaya. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(1), 34–45.