Pendekatan Saintifik Sebagai Altenatif Solusi Literasi Sains Siswa Indonesia

Authors

  • Liya Lufitasari IAIN Kudus
  • Achmad Ali Fikri IAIN KUDUS

DOI:

https://doi.org/10.55719/jpb.v2i1.335

Keywords:

Scientific approach, Science Literacy, Indonesia

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan memberikan gambaran mengenai hakikat literasi sains; analisis literasi sains siswa Indonesia berdasarkan hasil data PISA tahun 2000-2008, serta upaya dan gagasan untuk pengembangan literasi sains di Indonesia melalui pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil penelitian ini menggunakan metode yang berupa studi literatur. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 Desember sampai 24 Desember 2021. Pengumpulan data yang digunakan dari buku, jurnal, dokumen, dan sumber-sumber yang berupa fakta dan relevan. Literasi sains adalah suatu kompetensi yang dimiliki oleh seseorang agar bisa menggunakan pengetahuan pada sains membuat pertanyaan-pertanyaan, dan kesimpulan sesuai dengan adanya bukti-bukti yang benar yang bertujuan untuk mendapatkan hasil keputusan yang berhubungan dengan fenomena yang terjadi pada kegiatan siswa. Pendekatan saintifik sangat menonjolkan dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga pendekatan saintifik lebih menekankan pada proses berinquiri yang digunakan dalam Kurikulum 2013. Pendekatan saintifik sangat dibutuhkan dan diterapkan dalam proses pembelajaran kepada siswa-siswi karena buktikti dapat meningkatkan literasi sains terhadap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud. (2019). Pendidikan Indonesia: Belajar Dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Tohir, Mohammad. 2019. Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Tersedia Online: https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/ diakses pada tanggal 23 Desember 2021.
Narut, Firmaan Yosef dan Supardi, Kanisius. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar; 3 (1) : 61-69.
Survani, Alok Irma; A.w., Jufri; dan Setiadi, Dadi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran 5 E Terintegrasi Pendekatan Sainstifik Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMPN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2016/2017. J. Pijar MIPA, XII (1) : 39-43.
Siregar, T.R.A.; Iskandar, Wahyu; dan Rokhimawan, M. A.. (2020). Literasi Sains Melalui Pendekatan Sainstifik Pada Pembelajaran IPA SD/MI Di Abad 21. Modeling : Jurnal Studi PGMI; 7 (2) : 243-357.
Fuadi, Husnul; dkk. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan; 5 (2) : 108-116.
Asyhari, Ardian dan Hartati, Risa. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Litersi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Sainstifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi; 04 (2) : 179-191.
Sutrisna, Nana. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian; 1 (12) : 2683-2694.
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Hlm : 1-3.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Lufitasari, L., & Ali Fikri, A. (2022). Pendekatan Saintifik Sebagai Altenatif Solusi Literasi Sains Siswa Indonesia. JPB - Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 31–34. https://doi.org/10.55719/jpb.v2i1.335

Issue

Section

Articles