PERAMALAN PENJUALAN HANDPHONE SAMSUNG DAN OPPO MENGGUNAKAN METODE FUZZY TIME SERIES CHENG

  • Anisah Anisah Universitas Islam Madura
  • Mas’amatuz Zahrah Universitas Islam Madura Indonesia
  • Qurrotul Aini Universitas Islam Madura

Abstract

Handphone adalah salah satu produk dari teknologi yang telah mengubah perilaku komunikasi manusia dengan menembus ruang dan waktu. Meluasnya produk handphone akan menyebabkan pesatnya persaingan antara pasar handphone, sehingga penting bagi perusahaan handphone untuk mengetahui berapa jumlah produk yang akan terjual pada masa mendatang. Suatu perusahaan dapat meminimalkan resiko ketidaktersediaan stok produk dan mencegah pelanggan lari ke perusahaan lain dengan mengoptimalkan pemasaran dan penjualan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Untuk mencari strategi pemasaran dan penjualan yang optimal maka penelitian ini menerapkan metode Fuzzy Time Series (FTS) yang sangat berguna untuk proses pengambilan keputusan dengan menggabungkan antara analisis ilmu dalam bidang Komputer dan Statistik yang bisa digunakan dalam meramalkan hasil penjualan. Adapun hasil dari penerapan fuzzy time series diharapkan perusahaan dapat memperoleh informasi atas peramalan penjualan hasil produksinya untuk dijadikan sebagai bahan acuan. Setelah dilakukan pencocokan hasil simulasi dengan real di lapangan dapat diketahui bahwa metode fuzzy time series cheng pada  peramalan hasil penjualan handphone dari Indophone Pamekasan menggunakan 60 data penjualan bulanan mulai Januari 2014 sampai Desember 2018 dengan merk Samsung memberikan hasil 686.29 dan diperoleh nilai MAPE = 13.152542 %, dengan merk Oppo memberikan hasil 479.43 dan diperoleh nilai MAPE = 7.237288 %.

References

[1] Yulianto, T., Komariyah, S., & Ulfaniyah, N. (2017). Application of fuzzy inference system by Sugeno method on estimating of salt production. AIP Conference Proceedings , 020039-1.
[2] Sumartini, Hayati, M. N., & Wahyuningsih, S. (2017). Peramalan Menggunakan Metode Fuzzy Time Series Cheng . EKSPONENSIAL , 52-53.
[3] Fitriyah, N. (2017). Peramalan Penjualan Batik menggunakan metode fuzzy time series markov chain. In Skripsi (p. 1). Pamekasan.
[4] Arilia, R. I. & Fachurrozi, M., 2016. Sistem ReAkomendasi Bacaan Tugas Akhir Jurusan Teknik Informatika Universitas Sriwijaya Menggunakan Metode Collaborative Filtering dan Naive Bayes. Prosiding Annual Research Seminar, Volume Vol 2 No. I, p. 346.
Published
2019-09-29