PERAMALAN PENJUALAN HANDPHONE SAMSUNG DAN OPPO MENGGUNAKAN METODE FUZZY TIME SERIES CHENG
Keywords:
Handphone, Fuzzy Time Series, Penjualan, PeramalanAbstract
Handphone adalah salah satu produk dari teknologi yang telah mengubah perilaku komunikasi manusia dengan menembus ruang dan waktu. Meluasnya produk handphone akan menyebabkan pesatnya persaingan antara pasar handphone, sehingga penting bagi perusahaan handphone untuk mengetahui berapa jumlah produk yang akan terjual pada masa mendatang. Suatu perusahaan dapat meminimalkan resiko ketidaktersediaan stok produk dan mencegah pelanggan lari ke perusahaan lain dengan mengoptimalkan pemasaran dan penjualan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Untuk mencari strategi pemasaran dan penjualan yang optimal maka penelitian ini menerapkan metode Fuzzy Time Series (FTS) yang sangat berguna untuk proses pengambilan keputusan dengan menggabungkan antara analisis ilmu dalam bidang Komputer dan Statistik yang bisa digunakan dalam meramalkan hasil penjualan. Adapun hasil dari penerapan fuzzy time series diharapkan perusahaan dapat memperoleh informasi atas peramalan penjualan hasil produksinya untuk dijadikan sebagai bahan acuan. Setelah dilakukan pencocokan hasil simulasi dengan real di lapangan dapat diketahui bahwa metode fuzzy time series cheng pada peramalan hasil penjualan handphone dari Indophone Pamekasan menggunakan 60 data penjualan bulanan mulai Januari 2014 sampai Desember 2018 dengan merk Samsung memberikan hasil 686.29 dan diperoleh nilai MAPE = 13.152542 %, dengan merk Oppo memberikan hasil 479.43 dan diperoleh nilai MAPE = 7.237288 %.
Downloads
References
[2] Sumartini, Hayati, M. N., & Wahyuningsih, S. (2017). Peramalan Menggunakan Metode Fuzzy Time Series Cheng . EKSPONENSIAL , 52-53.
[3] Fitriyah, N. (2017). Peramalan Penjualan Batik menggunakan metode fuzzy time series markov chain. In Skripsi (p. 1). Pamekasan.
[4] Arilia, R. I. & Fachurrozi, M., 2016. Sistem ReAkomendasi Bacaan Tugas Akhir Jurusan Teknik Informatika Universitas Sriwijaya Menggunakan Metode Collaborative Filtering dan Naive Bayes. Prosiding Annual Research Seminar, Volume Vol 2 No. I, p. 346.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan jurnalnya di MathVision harus setuju dengan:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan