IMPLEMENTATION OF THE QUEUE SYSTEM MODEL [M/M/1]:[GD/∞/∞] IN THE DOCTOR QUEUE SERVICE PROCESS AT JETAK HEALTH CENTER, TUBAN DISTRICT
DOI:
https://doi.org/10.55719/mv.v5i2.1010Keywords:
Queue, Queuing Theory, Model [M/M/1]:[GD/∞/∞].Abstract
One of the development efforts in the health sector is the availability of quality health services. Patient satisfaction is an indicator of success in providing health services to the community. UPTD. Jetak Health Center is a health unit in Montong District, Tuban Regency, which is located on Jalan KH. Chusnan Ali No. 163 Jetak Village, Montong District, Tuban Regency. Queuing Theory is the Mathematical study of queues or waiting lines. Community Health Center follows the Single Channel-Single Phase or [M/M/1]:[GD/∞/∞] queuing system model with exponentially distributed services. Single Channel-Single Phase Model or [M/M/1]:[GD/∞/∞] on UPTD. Jetak Community Health Center is optimal because the waiting time for patients in the queue is approximately 8.8 minutes, meanwhile the UPTD. Jetak Community Health Center applies a maximum waiting time for outpatients of 15 minutes
Downloads
References
S. Handayani, “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno,” Profesi (Profesional Islam. Media Publ. Penelit., vol. 14, no. 1, pp. 42–48, 2016.
C. Umam, L. Muchlisoh, and H. Maryati, “Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Metode Ipa (Importance Perfomance Analysis) Di Puskesmas Bogor Tengah Kota Bogor Tahun 2018,” Promotor, vol. 2, no. 1, pp. 7–19, 2019.
S. Syafriana, I. Sukandar, and R. Listiawaty, “Tingkat Kepuasan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kebon Handil Kota Jambi Tahun 2020,” J. Kesmas Jambi, vol. 4, no. 2, pp. 17–26, 2020.
D. Satriawan, A. J. Pitoyo, and S. R. Giyarsih, “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepemilikan Jaminan Kesehatan Pekerja Sektor Informal di Indonesia,” Tata Loka, vol. 23, no. 2, pp. 263–280, 2021.
H. O. BASUKI, “Pengaruh Elderly Cognitive Care Terhadap Fungsi Kognitif Dan Aktivitas Fisik Lansia Di Puskesmas Jetak Kabupaten Tuban.” Universitas Airlangga, 2018.
A. Y. U. L. PITRI, “Peran Puskesmas Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan Terhadap Masyarakat Menurut Fiqh Siyasah.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.
S. A. Hidayatillah and M. G. Putri, “Gambaran kepuasan pasien rawat jalan di tempat pendaftaran Puskesmas Babatan Kabupaten Seluma,” J. Manaj. Inf. Kesehat. (Health Inf. Manag., vol. 5, no. 2, 2020.
R. RIZKI and A. Ibrahim, “Penerapan Costumer Relation Management Pada Graha Spesialis Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Pemerintah Dr. Mohammad Hoesin Palembang.” Sriwijaya University, 2020.
M. A. Rasyidi, L. Hidayah, P. Andayani, and N. Ngatini, “Pengembangan Sistem Informasi Terintegrasi Untuk Upt Puskesmas,” Appl. Technol. Comput. Sci. J., vol. 2, no. 1, pp. 52–60, 2019.
F. Wahyudi, “Analisis Sistem Antrian Pelayanan Perpanjangan Pajak Stnkb Menggunakan Simulasi Monte Carlo,” 2019.
L. Serlina, “Analisis Sistem Antrian Pelanggan Bank Rakyat Indonesia (Bri) Cabang Bandar Lampung Menggunakan Model Antrian Multi Channel-Single Phase.” Uin Raden Intan Lampung, 2018.
R. Susilowati, “Antrian M/G/1 Dengan Single Working Vacation Dan Vacation Interruption Terhadap Nilai Harapan Banyaknya Pelanggan Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Sukaramai.” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2021.
A. Nugroho, “Teori antrian markovian,” BUKU DOSEN-2009, 2010.
M. A. M. Ferreira, M. Andrade, J. A. Filipe, and M. P. Coelho, “Statistical queuing theory with some applications,” 2011.
C. H. Santoso, H. Tannady, and D. Caesaron, “Analisis Kemacetan di Jalan Lingkar Dalam Kota Jakarta (Gerbang Tol Cililitan),” J. Tek. dan Ilmu Komput., 2015.
K. Girsang, “Analisis Kinerja Sistem Antrian M/M/1 dengan Disiplin Prioritas,” 2018.
D. A. Ramdani, W. Wahyudin, and D. N. Rinaldi, “Model Sistem Antrian Menggunakan Pola Single Channel-Single Phase Dengan Promodel Pada Antrian Alfamart Unsika,” Tekmapro J. Ind. Eng. Manag., vol. 16, no. 1, pp. 13–24, 2021.
L. Maslahah, “Analisis Model Antrian Single Channel–Multi Phase.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2011.
T. J. Kakiay, “Dasar teori antrian untuk kehidupan nyata,” 2004.
R. Calundu, Manajemen Kesehatan, vol. 1. Sah Media, 2018.
M. Ary, “Pendekatan Teori Antrian Single Channel Single Phase Pada Pelayanan Administrasi,” Infotronik J. Teknol. Inf. dan Elektron., vol. 3, no. 1, pp. 21–27, 2018.
F. Faisal, “Pendekatan Teori Antrian: Kasus Nasabah Bank pada Pukul 08.00-11.00 WIB di Bank BNI 46 Cabang Bengkulu,” GRADIEN, vol. 1, no. 2, pp. 90–97, 2005.
F. Farkhan, P. Hendikawati, and R. Arifudin, “Aplikasi teori antrian dan simulasi pada pelayanan teller bank,” Unnes J. Math., vol. 2, no. 1, 2013.
A. Muhammad, “Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori Antrian Pada kaltimgps. com Di Samarinda,” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 2, no. 3, 2014.
R. Listiyani, L. Linawati, and L. R. Sasongko, “Analisis Proses Produksi Menggunakan Teori Antrian Secara Analitik dan Simulasi,” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 8, no. 1, pp. 9–18, 2019.
R. Bronson, “Teori dan Soal-Soal Operation Research,” PT Gelora Aksara Pratama, 1991.
T. Tarliah and A. Dimyati, “Operations Research, Model-Model Pengambilan Keputusan,” Cetakan Ke Delapan. Penerbit Sinar Baru Algesindo Bandung, 2006.
S. Anisah, S. Sugito, and S. Suparti, “Analisis antrian dalam optimalisasi sistem pelayanan kereta api di stasiun purwosari dan solo balapan,” J. Gaussian, vol. 4, no. 3, pp. 669–677, 2015.
U. N. Bhat, An introduction to queueing theory: modeling and analysis in applications, vol. 36. Springer, 2008.
M. P. N. Fadlilah, S. Sugito, and R. Rahmawati, “Sistem Antrian Pada Pelayanan Customer Service Pt. Bank X,” J. Gaussian, vol. 6, no. 1, pp. 71–80, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Zaenal Arifin, Anif Khoerul Mustofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnalnya di MathVision harus setuju dengan:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan