PENENTUAN PREMI ASURANSI KESEHATAN DENGAN FAKTOR UNDERWRITING MENGGUNAKAN GENERALIZED LINEAR MODELS

Authors

  • Sainal Abidin Enal UIN Alauddin Makassar
  • Sri Dewi Anugrawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nurwahidah UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55719/mv.v6i1.1109

Keywords:

Asuransi Kesehatan, Premi Murni, Generalized Linear Models

Abstract

Salah satu usaha yang dapat dilakukan seseorang dalam mengantisipasi adanya risiko yang akan datang yakni dengan berpartisipasi di suatu asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan telah banyak ditemui di Indonesia, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk Indonesia yang dalam asuransi kesehatan pada tahun 2018 ialah 208.054.199 jiwa. Penentuan premi asuransi kesehatan berdasarkan frekuensi klaim dan besarnya klaim dapat ditentukan dengan menggunakan Generalized Linear Models (GLM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan dengan menggunakan data sekunder berupa data frekuensi klaim dan besaran klaim dari salah satu kumpulan data pribadi biaya medis yang diperoleh dari situs https://www.kaggle.com. Jumlah data yang digunakan sebanyak 1338 orang. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa frekuensi klaim dan besar klaim mengikuti distribusi Bernoulli dan gamma. Dari kedua model yang didapatkan diketahui bahwa variabel yang mempengaruhi premi murni adalah usia, BMI, jumlah anak dan riwayat merokok. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa premi yang didapat memiliki rentang biaya sebesar $1.305 - $79,354.48627.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Supriatma, Riaman, Sudradjat and S. Tari, "Generalized Linear Models (GLM) untuk Data Asuransi dalam Menentukan Harga Premi," Seminar Nasional Pendidikan Matematika, pp. 276-281, 2017.

T. A. J. Putra, D. C. Lesmana and I. G. P. Purnaba, "Perhitungan Premi Asuransi Kendaraan Bermotor Menggunakan Generalized Linear Models dengan Distribusi Tweedie," Jambura Journal of Mathematics, p. 118, 2021.

S. A. Rohmaniah and Danardono, "Perhitungan Harga Premi Model Dua Tahunan dengan Faktor Underwriting Menggunakan Generalized Linear Models," Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II, p. 124, 2017.

C. K. Waha, A. J. Rindengan and T. Manurung, "Model Distribusi Data Klaim Asuransi Mobil untuk Menentukan Premi Murni," Jurnal Matematika dan Aplikasi, p. 110, 2019.

A. A., Foundations Linear Generalized Linear Models, Cambridge: John Wiley & Sons, Inc., 2015.

I. N. Wardani, "Estimasi Parameter Model Regresi Probit Multinomial dengan Metode Maxsimum Likelihood," Mathunse, vol. Volume 8 No. 2, p. 209, 2020.

A. Rofiqoh, Pengembangan Grafik-P Menggunakan Ekspansi Cornish-Fisher, Surabaya, 2016.

J. G. Z. and H. P. D., Generalized Linear Models for Insurance Data, Cambridge: Cambridge University Press, 2008.

J. Garrido, C. Genest and J. Schulz, "Generalized Linear Models for Dependent Frequency and Severity of Insurance Claims," Insurance: Mathematics and Economics, p. 206, 2016.

J. Zahro, R. E. Caraka and R. Herliansyah, Aplikasi Generalized Linear Model Pada R, Yogyakarta: Innosain, 2018.

K. Faizah, Regresi Gamma dan Regresi Lognormal untuk memodelkan Biomassa Klorofil-α di Sungai Danube Eropa, Surabaya, 2018.

"Estimasi Parameter pada Model Poisson Generalized Autoregressive Moving Average (GARMA) dengan Algoritma IRLS Studi Kasus: Peramalan Jumlah Kecelakaan di Jalan Tol Surabaya-Gempol," SAINS DAN SENI ITS , Vols. Vol. 8, No. 1, p. A18, 2019.

M. K. Kotimah and S. P. Wulandari, "Model Regresi Logistik Biner Stratifikasi Pada Partisipasi Ekonomi Perempuan Di Provinsi Jawa Timur," ITS : Jurnal Sains dan Seni POMITS, p. h.2, 2014.

D. E. Putri, Pemodelan Geographically Weighted Gamma Regression (GWGR), Studi Kasus: Pencemaran Sungai di Kota Surabaya Tahun 2013, Surabaya, 2016.

Y. A. Tampil, "Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Fakor-Faktor Ynag Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Samratulangi Manado," Unsrat : Jurnal Matematika dan Aplikasi, p. h. 58, 2018.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Enal, S. A., Sri Dewi Anugrawati, & Nurwahidah. (2024). PENENTUAN PREMI ASURANSI KESEHATAN DENGAN FAKTOR UNDERWRITING MENGGUNAKAN GENERALIZED LINEAR MODELS. MathVision : Jurnal Matematika, 6(1), 17–22. https://doi.org/10.55719/mv.v6i1.1109

Issue

Section

Articles