PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN UJI REGRESI LINEAR BERGANDA
DOI:
https://doi.org/10.55719/mv.v6i2.1195Keywords:
Motivasi Belajar, Minat belajar, hasil Belajar, Regresi Linear BergandaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 3 Wergu Wetan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 3 Wergu Wetan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 3 Wergu Wetan yang berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian ini adalah angket motivasi, angket minat dan hasil belajar matematika berupa nilai tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil analisis tersebut terbukti bahwa nilai sig 0,002 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 3 Wergu Wetan. Nilai pengaruhnya yaitu nilai R squre sebesar 0,564 artinya bahwa variabel motivasi dan minat belajar mempengaruhi hasil belajar sebesar 56,4%. Sedangkan sisanya 43,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk penelitian
Downloads
References
Adirinarso, D. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Lampung Timur. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Amaliyah, F., & Santoso, D. A. (2022). Sytematic Literatur Review : Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Modul. Prosiding Seminar Nasional Seminar Nasional Dies Natalis UMK Ke-42, 188–195.
Dewi, S. L., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 755–764. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.755-764
Dwi Puji Astuti, Arifin Muslim, & Dhi Bramasta. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan PembelajaranMatematika Di Kelas Iv Sd Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2)(2), 185–192.
Elvira Utami, Rahmadhani Fitri, & Muhyiatul Fadilah. (2022). Hubungan Motivasi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar (Literatur Review). Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 3(2), 65–70. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v3i2.64
Fatimah, S. (2020). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’Arif Kediwung Mangunan Dlingo Bantul. At-Tajid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(1), 165–188.
Harahap, N. (2022). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Negeri 0703 Hutaraja Tinggi. Seminar Nasional, Pascasarjana S3 Pendidikan Dasar, 2022.
Hermawan, J. S., Surahman, M., Rini, R., Amaliyah, F., & Fitria, M. (2024). Belajar Matematicka Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. 10(2), 94–105.
Hulu, W. W. P., Harefa, A. O., & Harefa, A. R. (2022). Analisis Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Solving di SMP. Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS), 1(5), 675–686. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1355
Julyanti, E. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7–11. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1942
Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121–130. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/7307
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Sari, N. F., Septyani, L. A., Fatkhi, A. F., Astuti, D. D., & Amaliyah, F. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 3 SD 1 Sadang. Jurnal Pacu …, 3(1), 229–241. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/406
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Suarmawan, K. A., Meitriana, M. A., & Haris, I. A. (2019). Faktor-Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 11,(2), 529–531.
Suradi, A., Kalsum, U., & Nilawati. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Resource Based Learning Dalam Pembelajaran di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Paramurobi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4, 53–54.
Tanjung, Y. P. (2022). Hubungan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Di Mis Nurul Hikmah Ujung Padang. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 102–119. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13108
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ekha Putri Juliani, Anastasia Jevis Elrika, Nurlita Anggraeni, Surya Adam Zainu Nasrullah, Muhammad Safri Rofiqul Aziz, Fitriyah Amaliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnalnya di MathVision harus setuju dengan:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan