PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ONE SAMPLE T-TEST
DOI:
https://doi.org/10.55719/mv.v6i2.1226Keywords:
audio visual, hasil belajar, matematika, uji t satu sampelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar matematika siswa khususnya konversi satuan dengan menggunakan media audiovisual kelas III SD N 1 Jimbaran apakah mencapai nilai KKM 70. Penelitian dilakukan di SD N 1 Jimbaran dengan melibatkan 12 siswa kelas III semester genap, dengan metode kuantitatif. Desain yang digunakan adalah pre-experimental dengan pendekatan one shot case studi, dan menganalisis data dilakukan melalui uji one sample t-test. Populasi yang akan digunakan sebagai peneliti adalah siswa kelas III SD N 1 Jimbaran dengan jumlah 12 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini dengan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu One Sample t-test. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan matematika siswa kelas III yang menggunakan metode audio visual mencapai standar kkm sama dengan 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat mencapai hasil belajar matematika siswa dengan menstimulasi indera penglihatan dan pendengaran, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan efektif.
Downloads
References
M. D. Siagian, “Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika,” MES J. Mat. Educ. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 58–67, 2016.
R. Marta, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Siswa Sekolah Dasar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 24–37, 2017.
C. A. Salsabila, A. N. Aini, N. K. Putri, and ..., “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas 5 Di Sd Negeri 4 Karangbener Kabupaten Kudus,” Proceeding …, pp. 168–176, 2023, [Online]. Available: https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19726/6731
D. F. Berlianti, F. C. Solviana, R. Shovia, Z. Isnaini, and F. Amaliyah, “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Kelas 5 Sd N 01 Japan,” Proceeding Umsurabaya, pp. 177–187, 2023.
D. Stiadi and A. Rifani, Aplikasi komputer Statistik Dengan SPSS Untuk Penelitian Ekonomi Dan Bismis. 2018. [Online]. Available: www.rajagrafindo.co.id
F. Amaliyah, Y. L. Sukestiyarno, and M. Asikin, “Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Self Directed Learning Berbantuan Modul pada Wacana Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj. UNNES, vol. 2, no. 1, pp. 626–632, 2019.
F. Amaliyah, Y. Sukestiyarno, M. Asikin, J. Kelud Utara, and K. Pascasarjana UNNES, “Mathematical Problem Solving Ability in Self-Directed Learning with Module From Students’ Self-Regulated Learning,” Unnes J. Math. Educ. Res., vol. 11, no. 2, pp. 2022–181, 2022, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
N. D. Filsafati, S. Lutfiyah, A. D. Maqfiroh, and ..., “Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sdn 6 Cendono,” J. PGSD …, vol. 6, no. 1, pp. 55–68, 2023, [Online]. Available: https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jpgsdm/article/view/974%0Ahttps://journal.ukmc.ac.id/index.php/jpgsdm/article/download/974/853
F. Amaliyah and D. A. Santoso, “Sytematic Literatur Review : Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Modul,” Pros. Semin. Nas. Semin. Nas. Dies Natalis UMK ke-42, pp. 188–195, 2022.
F. Nurluthfiana et al., “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS IV SD NEGERI WONOREJO 2 Corresponding Author *,” J. Theorems (The Orig. Reasearch Math., vol. 8, no. 2, pp. 272–283, 2024.
H. Mustafidah, A. Imantoyo, and S. Suwarsito, “Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web,” JUITA J. Inform., vol. 8, no. 2, p. 245, 2020, doi: 10.30595/juita.v8i2.8786.
N. Hayati and F. Harianto, “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota,” Al-Hikmah J. Agama dan Ilmu Pengetah., vol. 14, no. 2, pp. 160–180, 2017, doi: 10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027.
P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, no. January. Jl. Proklamasi Kp. Krajan RT.004 RW.004, Kel. Tanjungmekar, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang. 41316, 2023.
P. N. Sri Hariati, L. Rohanita, and I. Safitri, “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat,” J. Pembelajaran Dan Mat. Sigma, vol. 6, no. 1, pp. 18–22, 2020, doi: 10.36987/jpms.v6i1.1657.
L. S. Nababan, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi belajar PAK siswa kelas X,” Areopagus J. Pendidik. Dan Teol. Kristen, vol. 18, no. 1, pp. 48–58, 2020, doi: 10.46965/ja.v18i1.43.
E. Kurniasih, A. Nurhasanah, and G. Krispsiyadi Praramdana, “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa,” JISPE J. Islam. Prim. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 104–112, 2023, doi: 10.51875/jispe.v4i2.270.
S. Nurfadhillah, S. Fadhilatul Barokah, S. Nur’alfiah, N. Umayyah, A. A. Yanti, and U. M. Tangerang, “Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 1 Mi Al Hikmah 1 Sepatan,” PENSA J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 149–165, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alya Mayariah, Aulia Nurul Hidayah, Jeny Koestanti, Fitriyah Amaliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnalnya di MathVision harus setuju dengan:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan