PENGARUH MEDIA PADLET TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAAN METODE STATISTIK: UJI PAIRED T-TES

Authors

  • Siska Dwi Aristianti Universitas Muria Kudus
  • NUR RAMADANI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
  • Catur Meinisa Inayati Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.55719/mv.v6i2.1258

Keywords:

Media Pembelajaran, Padlet, Hasil Belajar Matematika, Uji t berpasangan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media padlet dalam pembelajaran kooperatif learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Paren. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan desain Pre eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah 11 siswa kelas 5 di SDN 1 Paren. Instrumen yang digunakan dalam penelitaian ini adalah menggunakan uji pretest dan posttest dalam satu kelas. Hasilnya menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest, dari 79,36 menjadi 82,82, yang menyatakan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Pengujian statistik dengan uji-t berpasangan membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik dengan nilai p < 0,05. Sebagai platform pembelajaran online, Padlet menyediakan dinding virtual serta ruang yang kolaboratif yang tentunya dapat diakses dengan mudah dari berbagai perangkat yang memiliki koneksi internet, memungkinkan komunikasi dinamis melalui teks, foto, dan video. Filtur padlet yang menarik dan interaktif membantu meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam belajar, menjadikannya lebih menarik dan menyenangka dengan adanya media tersebut. Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan teknis dan kesiapan infrastruktur internet untuk mengoptimalkan penggunaan media Padlet. Hal ini menunjukan adanya pengaruh dalam penggunaan media padlet terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Asnawi, C. Rakhmat, and G. S. Sidik, “Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 9, no. 2, pp. 1089–1099, 2023, doi: 10.31949/educatio.v9i2.5017.

D. Sarosa and M. Khairudin, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Mikroprosesor di SMK Negeri 2 Pati,” E-Journal Univ. Negeri Yogyakarta, vol. 6, no. 1, pp. 25–32, 2016.

S. H. Nisa’i, H. Syofyan, U. Hotimah, and R. Nurhayati, “Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPA di Kelas Rendah dan Tinggi,” Pros. Esa Unggul, no. 9, pp. 258–261, 2022.

D. I. S. D. N. Purwosari, “Pengaruh penggunaan media pembelajaran sempoa pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas 1 di sdn 1 purwosari,” vol. 6, no. 2, pp. 66–78, 2023.

F. Amaliyah and D. A. Santoso, “Sytematic Literatur Review : Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Modul,” Pros. Semin. Nas. Semin. Nas. Dies Natalis UMK ke-42, pp. 188–195, 2022.

F. Amaliyah, J. S. Hermawan, and D. P. Sari, “Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 2, pp. 5482–5490, 2023.

K. Lanani, “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Ditinjau Dari Peningkatan Kemampuan Penalaran Logis Matematis Siswa,” Infin. J., vol. 4, no. 2, p. 140, 2015, doi: 10.22460/infinity.v4i2.78.

J. H. Rantung, M. Pinontoan, and J. M. Sumilat, “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Afektif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 2516–2522, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2370.

T. W. Sandika, “Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” Invent. J. Res. Educ. Stud., vol. 5, no. 5, pp. 1–13, 2021, doi: 10.51178/invention.v2i2.474.

A. I. Irawan, N. D. Aliyah, and D. Darmawan, “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo,” J. Educ., vol. 6, no. 3, pp. 16220–16233, 2024.

A. R. Suryana, W. T. Puspitasari, and Z. S. Rizqiya, “Effectiveness of Using the Padlet Application in Extensive Reading Courses for English Language Education Study Program Students at Wiralodra University,” Manajia J. Educ. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 41–48, 2024.

M. S. Lasut, Z. F. Sumampouw, J. M. Mangangantung, and R. D. H. Pangkey, “Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint dan Media Video dalam Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 5001–5009, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i4.2915.

I. A. Meila Noor Syafria, I. A., Pratiwi and M. S. Kuryanto, “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3(2), 524–532, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

A. Pramana, “Analisis Perbandingan Trading Volume Activity dan Abnormal Return Sebelum Sesudah Pemecahan Saham,” 2021.

A. Heryana, “Hipotesis Penelitian,” Eureka Pendidik., no. June, p. 1, 2020, doi: 10.13140/RG.2.2.11440.17927.

A. A. Alghozi, U. H. Salsabila, S. R. Sari, R. T. Astuti, and H. Sulistyowati, “Penggunaan Platform Padlet sebagai Media Pembelajaran Daring pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid-19,” Anwarul, vol. 1, no. 1, pp. 137–152, 2021, doi: 10.58578/anwarul.v1i1.52.

P. Widyanto, N. S. Wardani, and I. Permana, “Pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan padlet untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” Lembaran Ilmu Kependidikan, vol. 50, no. 1, pp. 60–65, 2021.

H. Agustini, R. G. Nugraha, and N. Hanifah, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 1, pp. 807–814, 2024.

S. Febrianti, F. H. Amin, and N. Nawir, “Penggunaan Padlet untuk Peningkatkan Prestasi Menulis Caption Teks Peserta Didik di MAS Annajah Jakarta,” J. Pemikir. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 29–36, 2021.

Eliyah and Dwi Agustin, “Mekanisme Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Masa COVID-19,” Widya Accarya, vol. 13, no. 2, pp. 120–126, 2022, doi: 10.46650/wa.13.2.1253.120-126.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Aristianti , S. D., RAMADANI, N., Inayati , C. M., & Amaliyah, F. (2024). PENGARUH MEDIA PADLET TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAAN METODE STATISTIK: UJI PAIRED T-TES. MathVision : Jurnal Matematika, 6(2), 88–95. https://doi.org/10.55719/mv.v6i2.1258