PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA PADA KOPERASI MAHASISWA UNIROW TUBAN

Authors

  • Kresna Oktafianto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ahmad Yunus Rathomi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nazilatul Fatihah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Aprilia Wulandari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ahmad Zaenal Arifin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pelayanan Koperasi, metode QFD, persyaratan pelanggan, Atribut teknis

Abstract

KOPMA (Koperasi Mahasiswa) Unirow Tuban merupakan salah satu koperasi serba usaha yang menyediakan sarana dan prasarana kebutuhkan para mahasiswa. Dosen, dan karyawan Unirow. Kopma Unirow berdiri di kampus Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.  Unit usaha lain mulai bertambah  dilingkungan kampus menjadikan persaingan menjadi semakin ketat sehingga mengakibatkan target pertumbuhan konsumen tidak tercapai serta terdapat penurunan pada mitra pembiayaan. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan terus meningkatkan mutu pelayanan agar sesuai dengan harapan konsumen.  Penelitian ini membahas penerapan Quality Function Deployement (QFD), yang bertujuan untuk menentukan kebutuhan pelanggan sehingga setiap area fungsional dan level organisasi dapat bertindak terhadap layanan fungsional yang ada. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode survey dengan kuesioner terhadap anggota KOPMA dan non-anggota di lingkungan kampus Unirow Tuban sebagai responden. Berdasarkan metode aksidental sampling. Studi ini menerapkan Quality Function Deployement (QFD) untuk menganalisis data.

Penelitian ini menunjukkan urutan prioritas persyaratan pelanggan yang harus diutamakan dalam peningkatan layanan yaitu persyaratan pelanggan. Penelitian ini juga menunjukkan urutan atribut teknik dari KOPMA Unirow Tuban dalam  rangka untuk memuaskan pelanggan yaitu atribut teknik pengarahan rutin untuk pelayanan prima yang didapat dari perhitungan bobot absolut maupun bobot relatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Yani, Ahmad., 2013. Quality Function Deployment Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jasa pada Koperasi Agroniaga Indonesia Syari'ah. Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 3 No 01
[2] Wicaksono, Adhitya W., 2013. Penerapan Meode QFD (Quality Function Deployment) pada rencana Pengembangan Sekolah di SMK Negeri 2 Yogyakarta, Skripsi
[3] A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 2, 2017.
[4] R. Awanda, K. Oktafianto, A. Z. Arifin, and N. Fatihah, “Simulasi Sebaran Abu Pabrik Kapur Menggunakan Metode Beda Hingga,” Zeta-Math J., vol. 4, no. 2, pp. 34–39, 2019.
[5] K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
[6] A. Z. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Ujian Berbasis Computer Base Test (Cbt) Bagi Guru Sma/Ma Dikabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.
[7] A. Z. Arifin, K. Oktafianto, R. Awanda, and N. Fatihah, “Sebaran Debu Jubung Pabrik Kapur dengan Gaussian Plume,” MathVisioN, vol. 1, no. 02, pp. 79–82, 2019.

Published

2020-09-30

How to Cite

Oktafianto, K., Yunus Rathomi, A., Fatihah, N., Wulandari, A., & Arifin, A. Z. (2020). PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA PADA KOPERASI MAHASISWA UNIROW TUBAN. MathVision : Jurnal Matematika, 2(2), 59–64. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/mv/article/view/176