OPTIMASI DUMP TRUCK DENGAN METODE KAPASITAS PRODUKSI DAN TEORI ANTRIAN PADA TAMBANG BATU KAPUR DI PT. BIO ALAM INDONESIA PERSADA

Authors

  • Kresna Oktafianto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sofyan Yoga Pradana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Abdul Wahid Nuruddin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Optimasi Produksi, Metode Kapasitas Produksi,, Teori antrian, Dump Truck, , Excavator

Abstract

Pada penambangan batu kapur peralatan mekanis untuk pemuatan dan pengangkutan merupakan faktor yang sangat penting dalam operasional produksi pertambangan. Pada PT Bio Alam Indonesia Persada sebagai perusahaan pertambangan dengan menggunakan sistem tambang terbuka (open pit). Dalam proses penambangan batu kapur untuk mengetahuinilai produksi dan kinerja alat mekanis yang optimal serta meminimalkan kendala yang terjadi.Untuk meningkatkan nilai produksi perlu adanya perhitungan mengenai optimasi excavator dan dump truckdengan metode kapasitas produksi dan teori antrian . Tujuan  metode  tersebut  untuk  menentukan  jumlah  dump  truck  yang  optimal dalam proses penambangan batu kapur. Penelitian ini mengambil pada 2 lokasi tambang  PT  Bio  Alam  Indonesia  Persada  pada  Blok  Bio  1  dengan  1  unit excavator dan 5 unit dump truck serta Blok Bio 2 dengan 1 unit excavator dan 5 unit dump truck. Berdasrakan hasil perhitungan simulasi, jumlah dump truck yang telah didapatkan dengan metode kapasitas produksi dan teori antrian didapatkan hasil perhitungan untuk metode kapasitas produksi pada Blok Bio 1 menggunakan 1 unit excavator komatsu PC 200 dan 6 unit dump truck mitsubishi canter 130 dan Blok Bio 2 menggunakan 1 unit excavator komatsu PC 200-01 dan 7 unit dump truck mitsubishi canter 130. Sedangkan untuk metode teori antrian didapatkan hasil pada Blok Bio 1 menggunakan 1 unit excavator komatsu PC 200-02 dan 5 unit dump truck mitsubishi canter-01 dan pada Blok Bio 2 menggunakan 1 unit excavtor  komatsu  PC  200dan  5  unit   dump  truck  mitsubishi  canter  pada operasional penambangan batu kapur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Aminudin. 2005. Prinsip-Prinsip Riset Operasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
[2] Basuki, S. dan Nurhakim. 2004, Modul Ajar dan Praktikum Pemindahan Tanah Mekanis, Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru.
[3] Cacceta & Burt. 2013. Equipment Selection for Surface Mining A Review.University of Melbourne, Melbourne, Australia.
[4] Carterpillar. 2007. Caterpillar Performance Handbook. 34th Edition, Caterpillar Inc.
[5] Dimyati, T.T. dan Dimyati, A. 1992. Operations Research. Penerbit Sinar Baru Algesindo, Jakarta.
[6] Komatsu. 2004. Specification and Aplication Handbook. 25th Edition, Komatsu Ltd.
[7] Munthoha, 2013. Opimalisasi Produksi Peralatan Mekanis Sebagai Upaya Pencapaian Sasaran Produksi Pengupasan Lapisan Tanah Penutup Di PT Putera Baramitra, Batu Licin. Jurnal UPN Veteran Yogyakarta.
[8] Nurhakim. 2004. Buku Panduan Kuliah Lapangan II edisi ke-2, Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru.
[9] Prasmoro, A.V. 2014. Optimasi Produksi Dump Truck Volvo Fm 440 dengan Metode KapasitasProduksi dan Teori Antrian di lokasi pertambangan batubara. Samarinda, Kalimantan Timur.
[10]Prodjosumarto, P. 1993. Pemindahan Tanah Mekanis. Jurusan Teknik Pertambangan, Institut Teknologi Bandung.
[11]Sugiarto, Eddy, Suroso, 2014. Efisiensi penggunaan waktu pengisian overburden ke dump truk pada PT. Pama Persada Nusantara. distrik baya Kutai Kertanegara
[12]Sulto, Ali. 2011. Dampak Aktivitas Pertambangan Bahan Galian Golongan C Terhadap Kondisi Kehidupan Masyarakat Desa. Skripsi 2011, Institut Pertanian Bogor.
[13]Suryadharma, H. dan Wigroho, H.Y. 1998. Alat-alat Berat, Penerbitan Universitas Atmajaya, Yogyakarta.
[14]Suwandhi, A. 2004. Optimasi Alat Penambangan. Sekolah Tinggi Teknologi Mineral Indonesia, Bandung.

Additional Files

Published

2020-09-30

How to Cite

Oktafianto, K., Yoga Pradana, S., & Nuruddin, A. W. (2020). OPTIMASI DUMP TRUCK DENGAN METODE KAPASITAS PRODUKSI DAN TEORI ANTRIAN PADA TAMBANG BATU KAPUR DI PT. BIO ALAM INDONESIA PERSADA. MathVision : Jurnal Matematika, 2(2), 52–58. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/mv/article/view/177