OPTIMASI WAKTU TUNGGU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN GRAF KOMPATIBEL SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KEMACETAN

  • Ayuk Khoirotun Nisa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Lilik Muzdalifah Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Kemacetan, Graf Kompatibel, Waktu Tunggu Total Optimal, Lampu Lalu Lintas

Abstract

Abstrak  Kemacetan lalu lintas sering terjadi pada suatu persimpangan. Kemacetan tersebut timbul disebabkan oleh beberapa hal, salah satuya adalah kurang optimalnya nyala lampu lalu lintas pada persimpangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan waktu tunggu lampu lalu lintas dengan menggunakan graf kompatibel. Dalam penelitian ini menggunakan data primer pada persimpangan karangwaru Tuban dengan menggunakan variabel waktu. Arus lalu lintas yang kompatibel merupakan dua arus lalu lintas jika keduanya berjalan bersamaan dapat berjalan aman dan tidak akan berpotongan. Hasil perhitungan waktu tunggu total menggunakan graf kompatibel pada persimpangan karangwaru dengan arus lalu lintas mengikuti isyarat lampu lalu lintas adalah 150 detik. Waktu tunggu total optimal tersebut lebih kecil dari waktu tunggu total yang diterapkan saat ini di persimpangan karangwaru yaitu 506 detik.

References

Poernamasari, I., Tumilaar, R., & Montolalu, E.J.C., 2019, Optimasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas dengan Menggunakan Metode Webster (Studi Kasus Persimpangan Jalan Babe Palar), Jurnal Matematika dan Aplikasi, 8(1), 27-35.

Fanani, Aris. 2016. Optimasi Waktu Tunggu Lampu Lalu Lintas Dengan Menggunakan Graf Kompatibel Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 45-50.

Hardianti, R.D. 2013. Penerapan Graf Kompatibel pada Penentuan Waktu Tunggu Total Optimal Lampu Lalu Lintas di Persimpangan Jalan. Disertasi Tidak Diterbitkan. Semarang: Program Pascasarjana Unnes.

Miftahurrahman. 2016. Aplikasi Teori Graf dalam Pengaturan Lampu Lalu Lintas. Disertasi Tidak Diterbitkan. Makasar: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Farida, F., Fanani, A., Purwanti, I., Wulandari, L., & Zaen, N.J. 2020. Pemodelan Arus Lalu Lintas dan Waktu Tunggu Total Optimal di Persimpangan Jl. Jemur Andayani Ahmad Yani Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. 14(3), 389-398.

Dishub. 2019. Laporan Survei Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) di Kabupaten Tuban 2019. Tuban: Dinas Perhubungan Tuban.

Julianto, E. 2010. Hubungan Antara Kecepatan, Volume dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan. 2(2) 151-160.

K. Amin, K. Oktafianto, and A. Z. Arifin, “MODEL DINAMIK PENYAKIT TUBERCULOSIS DI KABUPATEN TUBAN MENGGUNAKAN SIR (Susceptible, Infectious, Reccovered),” Pros. SNasPPM, vol. 3, no. 1, pp. 438–441, 2018.

A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 2, 2017.

Published
2021-03-31
How to Cite
Nisa, A., & Muzdalifah, L. (2021). OPTIMASI WAKTU TUNGGU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN GRAF KOMPATIBEL SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KEMACETAN. MathVisioN, 3(1), 1-5. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/mv/article/view/240
Section
Articles