ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL DI PT. XYZ

  • Riza Khoirul Umam Universitas PGRI Ronggolawe
  • Anggia Kalista Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Pengendalian Kualitas Kantong Cacat, Statistical Process Control (SPC), Seven Tools

Abstract

Abstrak PT. XYZ merupakan  salah  satu  anak  perusahaan  dari  PT. ABC yang  bergerak  dalam  bidang pembuatan  semen.  Seiring perkembangannya PT. XYZ selalu  berupaya  untuk meningkatkan mutu layanan dan kualitas produknya. Dalam menentukan  kualitas  produk,  perusahaan  melakukan pengendalian kualitas bahan  baku  Woven Clouth  dan  kualitas  produk  jadi  kantong semen.  Pengendalian  kualitas  produk  jadi  berupa  kantong semen  selama  ini  hanya  dilakukan  dengan  menghitung proporsi  cacat  setiap line yang  dibandingkan  dengan  batas toleransi  persentase  kebijakan  perusahaan  yang  kemudian dilakukan  pembuatan  grafik  garis  untuk  melihat  apakah terdapat peningkatan proporsi cacat selama satu tahun. Oleh karena  itu,  terdapat  kesamaran  dalam  memutuskan   apakah proses    pembuatan     kantong    semen    di      PT. XYZ telah  layak atau  tidak,  sehingga  perlu  dilakukan  pengendalian  kualitas secara statistika. Dari Hasil Peneilitian diketahui dari Diagram Sebar (Scatter Diagram) masih mengalami naik turun kecacatan yang tidak beraturan dan dari Diagram Pareto (Pareto Analysis) bisa mengetahui tingkat kerusakan yang tingggi  terdapat pada cacat kantong lengket pada bulan Agustus sebanyak 53757 (46,63%) dan cacat terbesar pada kantong rusak pada bulan Maret sebanyak 68364 (55,79%), dengan mengetahui penyebab kecacatan hasil dari Diagram Alir untuk itu yang paling utama harus diperbaiki terlebih dahulu adalah adalah faktor manusia atau pekerja keryawan dimana faktor utama proses produksi ditentukan oleh operator, dan jika para pekerja atau karyawan tersebut tidak ceroboh atau sudah memiliki banyak pengalaman maka akan menghasilkan produk yang baik dan tentunya bisa meminimalkan kecacatan kantong.

References

Ariani, Dorothea Wahyu, 2004, Pengendalian Kualitas Statistik (Pend ekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta.[2] Bayu Prestiantyo, Sugiono dan Susilo Toto R. 2003. “Analisis Pengendalian Kualitas Pada PT. Semarang Makmur Semarang”. Diakses pada 3 Maret 2012 pukul 19.00, dari Repository Undip (http://eprints.undip.ac.id/9557/1/2002MM1826.pdf)

Cahyani, F. I. (2015). Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pengantongan Semen di PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dengan Pendekatan Six Sigma. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Devani Vera, Wahyuni Fitri. 2016. Pengendalian Kualitas Kertas Dengan Menggunakan Statistical Process Control di Paper Machine 3. Tugas Akhir Jurusan Teknik Industri UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Faiz Al Fakhri. 2010. “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi di PT. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”. Diakses 3 Maret 2012 pukul 19.00, dari e-library Undip.

Himawan, Aldik. Pengendalian Kualitas Statistical Process Control Produk Genteng di UKM Super Soka Jepara, Jurnal, Progam Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Ilham, Nur Muhammad, 2012, Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC) Pada PT. Bosowa Media Grafika (Tribun Timur). Makassar : Universitas Hasanuddin.

Irwan dan Didi Haryono, 2015, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Bandung : Alfabeta.

Ramadhani, G. S., Yuciana, & Suparti. (2014). Analisis Pengendalian Kualitas Menggunakan Diagram Kendali Demerit (Studi Kasus Produksi Air Minum dalam Kemasan 240 ml di PT. TIW). Jurnal Gaussian, 3(3), 401-410.

K. Amin, K. Oktafianto, and A. Z. Arifin, “MODEL DINAMIK PENYAKIT TUBERCULOSIS DI KABUPATEN TUBAN MENGGUNAKAN SIR (Susceptible, Infectious, Reccovered),” Pros. SNasPPM, vol. 3, no. 1, pp. 438–441, 2018.

Published
2021-03-31
How to Cite
Umam, R., & Kalista, A. (2021). ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL DI PT. XYZ. MathVisioN, 3(1), 28-37. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/mv/article/view/258
Section
Articles