PENGGUNAAN METODE FUZZY DALAM MEMBANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN DI KOPERASI SYARIAH BENTENG MIKRO INDONESIA CABANG JASINGA

  • Muhamad Ilham MAHASISWA
  • Aden Aden Universitas Pamulang
  • Andi Nur Rahman Universitas Pamulang

Abstract

Koperasi simpan pinjam merupakan lembaga yang bergerak dalam jasa keuangan dengan cara menghimpun simpanan dan menyalurkan pembiayaan kembali dengan prosedur yang mudah dan cepat. Penyaluran pembiayaan tahap pertama terhadap anggota koperasi memerlukan pertimbangan yang matang agar dana yang di salurkan tepat dengan kemampuan anggota tersebut. Pengambilan keputusan masih dilakukan secara manual. Namun, pengambilan keputusan secara manual ada kemungkinan terjadi kesalahan, serta dalam jumlah banyak butuh waktu relatif lama dalam mengambil keputusan menentukan besaran pembiayaan.  Untuk itu, dibutuhkan sistem pendu-kung keputusan dalam pemberian pembiayaan.  Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode fuzzy Mamdani dalam membangun sistem pendukung keputusan. Semua informasi diproleh dari buku, jurnal, dan lain-lain. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan software matlab. Berdasarkan pengujian metode fuzzy Mamdani dan implementasi terhadap software matlab. Penelitian ini telah berhasil melakukan model persamaan fuzzy Mamdani sebagai pendukung keputusan pemberian pembiayaan bagi anggota koperasi dengan ditunjukanya hasil penelitian yang valid lebih dari 70% antara keputusan manual dengan menggunakan software matlab.

 

References

[1] K. Batubara, Model Buku Panduan Simpanan, Pinjaman & Pembiayaan BMI Syariah, Pertama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2020.
[2] A. Widarma and H. Kumala, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pengguna Listrik Subsidi Dan Nonsubsidi Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus : PT. PLN Tanjung Balai),” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 165, 2019, doi: 10.36294/jurti.v2i2.432.
[3] Y. Charolina, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PEMBERIAN BONUS TAHUNAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC TIPE MAMDANI ( Studi Kasus Pada Karyawan PT . Sunhope Indonesia Di Jakarta ),” J. Teknol. Inf., vol. 12, pp. 42–53, 2016.
[4] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV, 2018.
[5] G. B. Davis, SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, Kesebelas. Jakarta Pusat: PT Ikrar Mandiriabadi, 2020.
[6] S. Kusumadewi and H. Purnomo, Aplikasi Logika Fuzzy, 2nd ed. Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2013.
[7] A. Tjolleng, “Pengantar pemrograman MATLAB: Panduan praktis belajar MATLAB,” ResearchGate, no. August, p. 217, 2017.
Published
2021-09-30
How to Cite
Ilham, M., Aden, A., & Rahman, A. (2021). PENGGUNAAN METODE FUZZY DALAM MEMBANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN DI KOPERASI SYARIAH BENTENG MIKRO INDONESIA CABANG JASINGA. MathVision : Jurnal Matematika, 3(2), 51-57. https://doi.org/10.55719/mv.v3i2.296