ANALISIS CLUSTER DENGAN METODE AVERAGE LINKAGE PADA PENGELOMPOKAN SMP DI CILANDAK BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Authors

  • Yulis Setiani Universitas Pamulang
  • Usep Rahmat Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55719/mv.v5i1.398

Keywords:

Average Linkage, Cluster, Hirarki, Standar Nasional Pendidikan

Abstract

Analisis cluster adalah salah satu metode analisis yang dapat menggambarkan kedekatan jarak atau kemiripan antar objek dan variabel, sehingga dapat menggabungkan objek-objek yang memiliki jarak atau kemiripan yang terdekat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis cluster hirarki metode Average Linkage pada pengelompokan SMP di Cilandak berdasarkan Standar Nasional Pendidikan yang dimiliki masing-masing sekolah yang telah terakreditasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan analisis cluster hirarki dengan metode Average Linkage pada pengelompokan SMP di Cilandak berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dan untuk mengetahui karakteristik masing-masing anggota kelompok cluster yang telah terbentuk. Pada analisis cluster hirarki metode Average Linkage penulis tidak menentukan jumlah cluster terlebih dahulu, maka dibentuk beberapa jumlah cluster yaitu 2, 3, 4 dan 5 cluster.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gazali, M. (2013). Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Al-Ta'dib, Vol. 6 No. 1

Alwi, W., & Hasrul, M. (2018). Analisis Klaster Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Propinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat. Journal Matematika dan Statistika Serta Aplikasinya, Vol. 6 No. 1.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Setiani, Y., & Rahmat, U. (2023). ANALISIS CLUSTER DENGAN METODE AVERAGE LINKAGE PADA PENGELOMPOKAN SMP DI CILANDAK BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN . MathVision : Jurnal Matematika, 5(1), 33–38. https://doi.org/10.55719/mv.v5i1.398

Issue

Section

Articles