FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERAMIK DI TOKO DIAN KERAMIK DENGAN METODE ANALISIS FAKTOR
DOI:
https://doi.org/10.55719/mv.v5i1.538Keywords:
Analisis Faktor, Minat Beli Konsumen, Toko Dian KeramikAbstract
Minat beli merupakan konsumen membuat pilihan untuk melakukan suatu pembelian barang atau jasa diantara beberapa harga dan merek dalam beberapa pilihan yang didasari oleh bermacam-macam pertimbangan. Dengan semakin banyak kebutuhan bahan bangunan, dampaknya dunia bisnis berlomba-lomba mendirikan toko ritel bahan bangunan sebagai pesaing untuk toko Dian keramik dimana pesaing bisnis mempromosikan berbagai keunggulan. Dengan kondisi tersebut toko Dian keramik harus menerapkan strategi agar konsumen selalu menggunakan produk (jasa) yang dimiliki dengan tujuan utama adalah menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dijual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa faktor yang terbentuk dari proses reduksi dengan menggunakan metode analisis faktor dan faktor apakah yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Dalam penelitian ini digunakan analisis faktor, ngambilan data ini didapatkan dengan cara menyebar kuesioner kepada 303 responden. Maka dapat dihasilkan bahwa banyaknya faktor yang terbentuk dari proses reduksi yaitu, faktor satu (F1) dengan nilai korelasi sebesar 0,798 nilai eigen sebesar 4.606 dan varians sebesar 57,574%, faktor 2 (F2) dengan nilai korelasi sebesar 0,798 dengan nilai eigen sebesar 1.092 dan varians sebesar 13,635%, dan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli konsumen Toko Dian Keramik, yaitu faktor 1 (F1) dengan nilai korelasi sebesar 0,798 dengan nilai eigen sebesar 4.606 dan varians sebesar 57,574% terdiri dari: merek (X2) , kualitas produk (X3) , pelayanan (X4) , lokasi (X7) .
Downloads
References
Hikmawati, D., & Nuryakin, C. (2017). Keberadaan Ritel Modern dan Dampaknya terhadap Pasar Tradisional di DKI Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia.
Wustqa, D. U. (2018). Analisis Data Multivariat Dengan Program R. Jurusan Pendidikan Matematika.
Putri, F. A. (2021). Ratio Bahan Bakar Hd 465-7 Berdsarkan Kemiringan Jalan Menggunakan Analisis Multivariatpada Pit X PT. ABC.
Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Widarjono, A. (2015). Analisis Multivariat Terapan dengan Program SPSS, AMOS, SMARTPLS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nurazizah, Tabah Heri Setiawan, Yulianti Rusdiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnalnya di MathVision harus setuju dengan:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan