FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERAMIK DI TOKO DIAN KERAMIK DENGAN METODE ANALISIS FAKTOR

Authors

  • Siti Nurazizah Universitas Pamulang
  • Tabah Heri Setiawan Universitas Pamulang
  • Yulianti Rusdiana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55719/mv.v5i1.538

Keywords:

Analisis Faktor, Minat Beli Konsumen, Toko Dian Keramik

Abstract

Minat beli merupakan konsumen membuat pilihan untuk melakukan suatu pembelian barang atau jasa diantara beberapa harga dan merek dalam beberapa pilihan yang didasari oleh bermacam-macam pertimbangan. Dengan semakin banyak kebutuhan bahan bangunan, dampaknya dunia bisnis berlomba-lomba mendirikan toko ritel bahan bangunan sebagai pesaing untuk toko Dian keramik dimana pesaing bisnis mempromosikan berbagai keunggulan. Dengan kondisi tersebut toko Dian keramik harus menerapkan strategi agar konsumen selalu menggunakan produk (jasa) yang dimiliki dengan tujuan utama adalah menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dijual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa faktor yang terbentuk dari proses reduksi dengan menggunakan metode analisis faktor dan faktor apakah yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Dalam penelitian ini digunakan analisis faktor, ngambilan data ini didapatkan dengan cara menyebar kuesioner kepada 303 responden. Maka dapat dihasilkan bahwa banyaknya faktor yang terbentuk dari proses reduksi yaitu, faktor satu  (F1) dengan nilai korelasi sebesar 0,798 nilai eigen sebesar 4.606 dan varians sebesar 57,574%, faktor 2 (F2)  dengan nilai korelasi sebesar 0,798 dengan nilai eigen sebesar 1.092 dan varians sebesar 13,635%, dan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli konsumen Toko Dian Keramik, yaitu faktor 1 (F1)  dengan nilai korelasi sebesar 0,798 dengan nilai eigen sebesar 4.606 dan varians sebesar 57,574%  terdiri dari: merek (X2) , kualitas produk (X3) , pelayanan (X4) , lokasi (X7) .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hikmawati, D., & Nuryakin, C. (2017). Keberadaan Ritel Modern dan Dampaknya terhadap Pasar Tradisional di DKI Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia.

Wustqa, D. U. (2018). Analisis Data Multivariat Dengan Program R. Jurusan Pendidikan Matematika.

Putri, F. A. (2021). Ratio Bahan Bakar Hd 465-7 Berdsarkan Kemiringan Jalan Menggunakan Analisis Multivariatpada Pit X PT. ABC.

Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Widarjono, A. (2015). Analisis Multivariat Terapan dengan Program SPSS, AMOS, SMARTPLS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Siti Nurazizah, Tabah Heri Setiawan, & Yulianti Rusdiana. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERAMIK DI TOKO DIAN KERAMIK DENGAN METODE ANALISIS FAKTOR. MathVision : Jurnal Matematika, 5(1), 10–15. https://doi.org/10.55719/mv.v5i1.538

Issue

Section

Articles