ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS DISKRIMINAN

Authors

  • Indah Fitriani Universitas Pamulang
  • Aden Aden Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55719/mv.v5i1.552

Keywords:

Analisis Diskriminan, Indeks Prestasi, Mahasiswa Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa di Program Studi Matematika Universitas Pamulang. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah Analisis Diskriminan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Matematika Unpam yaitu variabel Lingkungan keluarga. Dimana ada perbedaan substansial antara mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi dengan kategori Kurang dan Baik.  Hal ini dibuktikan oleh Wilk’s Lambda Sig. 0,015<0,05, yang berarti bahwa kedua kategori Indeks Prestasi tersebut memiliki rata-rata yang berbeda berdasarkan faktor lingkungan keluarga  . Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini, terbentuklah model fungsi diskriminan yaitu . Pada penelitian ini tingkat akurasi diperoleh melalui pengujian validasi sebesar 80% , hal ini berarti bahwa fungsi diskriminan yang terbentuk dianggap tepat untuk menggolongkan Indeks Prestasi Mahasiswa berdasarkan faktor lingkungan keluarga kedalam kategori Indeks Prestasi yang kurang dan baik karena memiliki angka ketepatan lebih dari 50%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. M. Likumahwa, R. Yahya, A. Bakhtiar, and H. Santoso, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa Dengan Metode Analisis Faktor Dan Analisis Diskriminan,” Semin. Nas. IENACO, pp. 529–537, 2018, [Online].

M. B. Legowo, “Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Analisis Diskriminan,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 9, no. 2, pp. 114–121, 2016, [Online].

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Kedua. Bandung: ALFABETA, 2019.

D. Riduwan, “Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Untuk Mahasiswa S-1, S-2, dan S-3),” Yogyakarta Alf., 2014.

Lembaga Penjamin Mutu (LPM), “Sistem Penjaminan Mutu Internal Standar Mutu,” 2020, [Online].

H. Usman and N. Sobari, Aplikasi teknik multivariate. Raja Grafindo Persada, 2013.

H. H. Mudasir, N. R. S. B. M. Dall, and S. A. Hamid, “A comparison between Multiple Discriminant and Logistic Regression on the performance of the Shariah Compliance companies in Industrial Sector,” Pacific Basin Financ. Conf., 2008.

S. Santoso, “Menguasai statistik multivariat,” Jakarta PT Elex Media Komputindo, 2015.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Fitriani, I., & Aden, A. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS DISKRIMINAN . MathVision : Jurnal Matematika, 5(1), 39–47. https://doi.org/10.55719/mv.v5i1.552

Issue

Section

Articles