ANALISIS PERBANDINGAN PENENTUAN WAKTU SIMPAN BERAS BANSOS RASTRA MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) METODE FUZZY TSUKAMOTO DAN FUZZY MAMDANI

Authors

  • Kresna Oktafianto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fatihatun Ni'mah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Bansos Rastra, Fuzzy Tsukamoto, Fuzzy Mamdani, Perbandingan,, Waktu Simpan Beras

Abstract

Salah satu bentuk upaya penjagaan kualitas dan kuantitas beras Bantuan Sosial Keluarga Sejahtera (Bansos Rastra ) pada gudang BULOG adalah dengan merealisasikan sistem First In First Out (FIFO) dalam menentukan waktu simpan, yakni beras yang pertama masuk adalah beras yang akan didistribusikan terlebih dahulu. Tetapi dalam kenyataan di lapangan terjadi perbedaan kualitas pada masing-masing beras seperti kadar air, butir menir, kuantitas beras serta butir patah sehingga diperlukan adanya metode pendukung keputusan dalam penentuan waktu simpan beras tersebut, Metode yang sering digunakan dalam pendukung keputusan adalah metode fuzzy. Penelitian ini bertujuan memberikan solusi bagi pengambil keputusan dalam menentukan waktu simpan yang tepat dengan cara membandingkan hasil perhitungan metode fuzzy tsukamoto dan mamdani. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa pengambilan keputusan penentuan waktu simpan beras Bansos Rastra menggunakan metode fuzzy mamdani lebih baik dibandingkan menggunakan fuzzy tsukamoto pada kriteria error MSE dengan nilai error 13. Sedangkan pada kriteria error MAPE nilai errornya adalah 41,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yurida, S., Oktafianto, K., Yuliastuti, R. 2017. Analisis Perbandingan Harga Mobil Bekas Menggunakan Metode Fuzzy Inference System (FIS) Mamdani dan Tsukamoto. Jurnal Riset dan Aplikasi Matematika. Vol. 1, No. 1, pp. 40-52.

Surbakti, R., R. & Sinaga, M., S. 2017. Penerapan Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Jumlah Produksi Berdasarkan Data Persediaan Dan Jumlah Permintaan. Seminar Nasional Matematika: Peran Alumni Matematika dalam Membangun Jejaring Kerja dan Peningkatan Kualitas Pendidikan.

Salikin, F. 2011. Aplikasi Logika Fuzzy dalam Optimasi Produksi Barang Menggunakan Metode Sugeno. Skripsi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.

Setyawan, H.B., Doddy, F., 2011. Pengaruh Penyimpanan Terhadap Kualitas Beras : Perubahan Sifat Fisik Selama Penyimpanan. Technical Report. Diponegoro University. (Unpublished)

Ratnawati. Djaeni., Mohamad. & Hartono, Damin. 2013. Perubahan Kualitas Beras Selama Penyimpanan Change of Rice Quality During Storage. Portal E-Journal Media Komunikasi dan Informasi Divisi Riset dan Perencanaan Perum BULOG. Vol.22, No.03, Hal.199-208.

Anggara, A.W., & Sudarmaji, 2009. Hama Pasca Panen Padi Dan Pengendaliannya. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Downloads

Published

2019-03-31

How to Cite

Oktafianto, K., & Ni'mah, F. (2019). ANALISIS PERBANDINGAN PENENTUAN WAKTU SIMPAN BERAS BANSOS RASTRA MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) METODE FUZZY TSUKAMOTO DAN FUZZY MAMDANI. MathVision : Jurnal Matematika, 1(1), 45–54. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/mv/article/view/58

Issue

Section

Articles