PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMKN 2 TUBAN TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Niniek Widiarochmawati SMKN 2 Tuban
Keywords: Discovery Learning;Two stay Two Stray; dan Hasil Belajar Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajarĀ  siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif dengan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian the post-test only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 2 Tuban, dengan teknik pengambilan sample sensus sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Pada penelitian ini kelas yang digunakan sebagai sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen I danĀ  kelas XI IPS-2 sebagai kelas eksperimen II. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder,data primer diperoleh dari sumber asli yaitu nilai posttest dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Two Stay Two Stray , dan data skunder yang digunakan adalah data nilai Ujian Tengah Semester yang diperoleh sudah dalam bentuk jadi atau data yang sudah diolah oleh sekolah. Teknk analisis data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah Uji t. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning adalah 85 dan hasil yang menggunakan model Two Stay Two Stray adalah 81. Berdasarkan perhitungan uji t untuk nilai posttest kedua kelas eksperimen diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,104 > -2,002) dan signifikansi < 0,05 (0,04 < 0,05), maka Ho ditolak. Jadi ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara yang diberikan model Discovery Learning dengan model Two Stay Two Stray pada pokok bahasan Kerja Sama Ekonomi Internasional kelas XI SMKN 2 Tuban tahun Ajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray

References

Al-Fandi, H. 2011. Desain Pembelajaran yang Demokratis & Humanis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
A. Tabrani Rusyan, dkk. 2007, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arifin, Zaenal. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Lentera Cendekia
Arikunto, Suharsimi 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta
Dede Rosyada. 2007. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Hanafiah dan Cucu Suhana. 2009. Konsep dan Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Prodi Pendidikn Ekonomi. 2017. Teknik Pengolahan Data. Tuban : Unirow
Sahade dan M Yusuf A. Ngampo. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Kelas XII IPS SMA.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algsindo.
Sugiono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2011. Pengembangan Kurikulum Teori dan Paktek. Bandung: PT. Remaja Rosdkarya.
Suyatno. 2015. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia. Sidoarjo.
Syaifurrahman & Tri Ujiati 2013. Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yusuf. 2012. Penerapan Pembelajaran kooperatif Model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan Kelas X SMK ARDJUNA 2 Malang.
Published
2020-03-06
Section
Articles