KAJIAN KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PENAMBANG BATU KAPUR DI DESA LERANWETAN KECAMATAN PALANG

  • Moch. Miftchul Huda Unirow Tuban
  • Yosia Dian Purnama Windrayadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat penambang batu kapur di Desa Leranwetan Kecamatan Palang. Sebelum masyarakat beralih pekerjaan menjadi penambang batu kapur, masyarakat mayoritas bekerja menjadi buruh tani. Dari peralihan pekerjaan tersebut tentunya kondisi social ekonomi masyarakat mengalami peningkatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah data yang didapatkan dari wawancara langsung kepada narasumber. Sedangkan sumber data sekundernya adalah dokumen yang diperoleh dari pemerintah desa dan dokumen lainnya serta dokumentasi foto tentang pertambangan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menjadi penambang batu kapur kondisi ekonomi masyarakat masih rendah, pendapatan mereka sedikit, kesejahteraan belum meningkat dan kondisi tempat tinggal mereka juga masih kecil dan memadai. Selain itu untuk membiayai pendidikan keluarga juga masih mengalami kesusahan. Kemudian dalam hal kondisi sosial, karena kondisi ekonomi masih rendah, maka mempengaruhi kondisi social masyarakat, mereka masih belum leluasa ketika berhubungan social dengan masyarakat ataupun dengan keluarga yang sekiranya secara ekonomi diatasnya, mereka juga masih jarang mengikuti kegiatan kelompok sosial. Selain itu mereka juga tidak memperdulikan prestise sosial. Kemudian setelah beralihnya pekerjaan masyarakat menjadi penambang batu kapur maka kondisi social ekonomi mereka mengalami peningkatan. Dalam hal kondisi ekonomi, pendapatan mereka mengalami peningkatan, sehingga kesejahteraannya juga meningkat. Selain itu kondisi tempat tinggal masyarakat juga sudah lebih besar dan lebih layak lagi, dan saat ini untuk membiayai pendidikan keluarga juga sudah lebih mudah. Seiring dengan meningkatnya kondisi ekonomi masyarakat, maka kondisi social masyarakat juga meningkat.

References

Arkandito, G., Maryani, E., Rahmawan, D,. Wirahkusumah, T. 2016. Komunikasi Verbal Pda Anggota Keluarga Yang Memiliki Anak Indigo. Jurnal Manajemen Komunikasi.1(47)2016. (www.jurnal.unpad/ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/9955) diakses 15 Mei 2020

Arifin, A. Z., Oktafianto, K., Awanda, R., & Fatihah, N. (2019). Sebaran Debu Jubung Pabrik Kapur dengan Gaussian Plume. MathVisioN, 1(02), 79-82.

Arifin, A. Z. (2017). Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter. Technology Science and Engineering Journal, 1(2).

Awanda, R., Oktafianto, K., Arifin, A. Z., & Fatihah, N. (2019). Simulasi Sebaran Abu Pabrik Kapur Menggunakan Metode Beda Hingga. Zeta-Math Journal, 4(2), 34-39.

Astuti, W. 2016. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa SMK YPKK 3 Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Aziz, M. Batu Kapur Dan Peningkatan Nilai Tambah Serta Spesifikasi Untuk Industri. Jurnal Teknologi Mineral Dan Batubara.6(3) Juli 2010.117.

Basrowi, & Juariya, S. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. 7(1) April 2010.58.

Febriana, S., & Rohmah Wafrotur. 2014. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar, 24(1) Juni 2014.3.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Tahun 2017 tentang Data PokokDesa/Kelurahan. Jakarta.

Mardalis. 2003. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Edisi 6. Penerbit PT Bumi Aksara. Jakarta.

Moeloeng, J Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi 36. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Oktafianto, K., Rathomi, A. Y., Fatihah, N., Wulandari, A., & Arifin, A. Z. (2020). PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA PADA KOPERASI MAHASISWA UNIROW TUBAN. MathVisioN, 2(2), 59-64.

Pertiwi, W. 2017.Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Transmigran Di UPT Arongo Desa Persiapan Bosenga Indah Kecamatan Landono Kabupaten Konawe Selatan. Universitas Halu Oleo.

Rifa’i, A., & Murtedjo, 2018. Kajian Sosial Ekonomi Penambang Batu kapur Di Kecamatan Palang Kabupaten Tuban ( Studi Kasus Tentang Perubahan Buruh Tani Ke Penambang Batu Kapur ). Universitas Negeri Surabaya.

Surayya, R. 2018. Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Kesehatan. Universitas Malikussaleh Lhokseumawe-Aceh.76

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batubara. Menteri Hukum Dan HAM. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 1967 Tentang Ketentuan- Ketentuan Pokok Pertambangan. Pejabat Presiden Republik Indonesia. Jakarta.

Racco, J.R.2010.Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya.PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Y. D. P. Windrayadi and M. F. Syahrial, “Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pajak Daerah Serta Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tuban,” Solusi, vol. 16, no. 3, 2018.

HS, Salim. 2014. Hukum Pertambangan Di Indonesia. Raja Grafindo Persada. Depok.

Published
2020-09-30
Section
Articles