PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SERVICE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI KETENAGAKERJAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 5 SEMARANG

  • Yuli Handayani SMA Negeri 5 Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis service learning (SL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2020-2021 bulan Oktober 2020. Subjek penelitian adalah peserta didik XI MIPA  3 sejumlah 36 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah test untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memecahkan permasalahan ketenagakerjaan dan format observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil  belajar materi ketenagakerjaan pada  peserta didik kelas XI IPA 3 tahun pelajaran 2020/2021 melalui penerapan model pembelajaran “Project Based Learning berbasis Service Learning”  (menunjukkan hasil yang positif). Hal ini ditunjukkan dengan adanya ketercapaian ketuntasan klasikal dari siklus I sampai siklus II meningkat yaitu siklus I : 64 %, siklus II : 83,33 %, dan peningkatan perolehan nilai rata-rata evaluasi akhir pembelajaran setiap akhir siklus yaitu siklus I : 74,52, siklus II : 84, dan ditunjukkan dengan analisa hasil motivasi belajar siswa yang ditandai dengan adanya penurunan jumlah peserta didik yang terlambat hadir di kelas virtual, peningkatan ketekunan belajar siswa, keaktifan bertanya dan berani mempresentasikan hasil kerjanya tanpa disuruh.

References

1) Amalia, A., & Fatonah, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 148-164.
2) Chatif, Munif. 2012. Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.
3) Istiana, R., & Awaludin, M. T. (2018). Enhancing biology education students ability to solve problems in environmental science material through inquiri model-based lesson study. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 58-67.
4) Johnson, P. (2009). The 21st century skills movement. Educational Leadership, 67(1), 11.
5) Kielsmeier, J. C. (2017). A TIME TO SERVE, A TIME TO LEAD. Where's the Wisdom in ServiceLearning? 101.
6) Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 21st century skills: Prepare students for the future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121-123.
7) Mariyaningsih, N. (2014). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi materi laporan keuangan melalui metode gallery walk duati-duata. Dinamika Pendidikan, 9(1).
8) Maurice. 2010. Service Learning Handbook. North Carolina: Guilford County Schools, www1.gcsnc.com/ …ing/pdf/ ServiceLearningHandbook.pdf, diakses 7 Maret 2014
9) Nusanti, I. (2014). Strategi service learning sebuah kajian untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 251-260.
10) Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem-Based Learning. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 14(1).
11) Salpeter, J. (2003). 21st century skills: Will our students be prepared?. TECHNOLOGY AND LEARNING-DAYTON-, 24(3), 17-29.
12) Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(1), 7-12.
13) Solihat, C. M. (2017). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa di Kelas IV A SDN 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).
14) Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
15) Tee, Ng Pak. 2005a. The Learning Organization. Singapore: Pearson .
16) Tee, Ng Pak. 2005b. Grow Me. Singapore: Pearson.
17) Vogelgesang, L. J., & Astin, A. W. (2000). Comparing the effects of community service and service-learning. Michigan Journal of Community Service Learning, 7(1).
18) Wina, Sanjaya. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2021-03-31
Section
Articles