ANTESEDEN MINAT, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU

Authors

  • Indri Murniawaty Universitas Negeri Semarang
  • Sari’atul Khoiriyah Universitas Negeri Semarang
  • Nina Farliana Universitas Negeri Semarang

Keywords:

minat menjadi guru; lingkungan keluarga; praktik pengalaman lapangan; kesiapan menjadi guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara minat menjadi guru, lingkungan keluarga, dan praktik pengalaman lapangan terhadap Kesiapan menjadi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi yang berjumlah 389 dengan jumlah sampel sebanyak 197 mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, minat menjadi guru, lingkungan keluarga, dan praktik pengalaman lapangan berpengaruh secara simultan terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 74,1%, minat menjadi guru berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan menjadi guru  sebesar 33,06%, lingkungan keluarga berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 20,34% praktik pengalaman lapangan berpengaruh secara parsial terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 3,96%. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif antara minat menjadi guru, lingkungan keluarga dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru. Saran bagi penelitian ini adalah penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan keyakinan dirinya bahwa ia mampu menjadi guru yang professional, penelitian selanjutnya agar menambah variasi variabel atau sampel yang akan digunakan untuk mengetahui variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1) Ambrosetti, A., & Dekkers, J. (2010). The interconnectedness of the roles of mentors and mentees in pre-service teacher education mentoring relationships. Australian journal of teacher education, 35(6), 3.
2) Asril, Zaenal. 2011. Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Pers.
3) Bandura, A., Barbaranelli, C., Caprara, G. V., & Pastorelli, C. (2001). Self‐efficacy beliefs as shapers of children's aspirations and career trajectories. Child development, 72(1), 187-206.
4) Coates, H. (2005). The value of student engagement for higher education quality assurance. Quality in higher education, 11(1), 25-36.
5) Dalyono. M 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
6) Fauziyah, K. N., & Widiyanto, W. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 620-634.
7) Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
8) Hasbullah. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
9) Hurlock. 2010. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
10) Istifarani, F. (2016). Pengaruh dukungan keluarga terhadap pengambilan keputusan karir siswa kelas x di SMK negeri 1 Depok. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(5).
11) Jennings, P. A., & Greenberg, M. T. (2009). The prosocial classroom: Teacher social and emotional competence in relation to student and classroom outcomes. Review of educational research, 79(1), 491-525.
12) Kurniasari, I. D. (2016). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
13) Lutfiyani, N. (2016). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, Self Efficasy, dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Tahun 2012). Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
14) Murtiningsih, Y. J., Susilaningsih, S., & Sohidin, S. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, 2(3), 13587.
15) Ni’mah, F. U. (2014). Pengaruh Minat Profesi Guru, Locus of Control Internal, Peran Guru Pamong Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2).
16) Novitasari, F., & Sumaryati, S. (2013). Pengaruh program pengalaman lapangan terhadap kesiapan mahasiswa prodi ekonomi FKIP UNS menjadi tenaga pendidik. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).
17) Praptiana, Yurike. 2017. Pengaruh PPL, Minat, dan Prestasi Belajar terhadap. Kesiapan Menjadi Guru Profesional Mahasiswa FE Angkatan 2013 UNY. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
18) Rahmawati, N. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Melalui Minat Menjadi Guru Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
19) Rifa’ii, Achmad dan Anni, Catharina. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 UNNES.
20) Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 1-17.
21) Sakban, S., Nurmal, I., & Ridwan, R. B. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 2(1), 93-104.
22) Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
23) Tijssen, R. J. (2001). Global and domestic utilization of industrial relevant science: patent citation analysis of science–technology interactions and knowledge flows. Research Policy, 30(1), 35-54.
24) Thorndike, R. M., Cunningham, G. K., Thorndike, R. L., & Hagen, E. P. (1991). Measurement and evaluation in psychology and education. Macmillan Publishing Co, Inc.
25) Walgito, Bimo. 2005. Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Andi
26) Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL), minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1).
27) Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 FE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2), 78-91.
28) Zeichner, K. M. (2003). The adequacies and inadequacies of three current strategies to recruit, prepare, and retain the best teachers for all students. Teachers college record, 105(3), 490-51

Published

2021-03-31

How to Cite

Murniawaty, I., Khoiriyah, S., & Farliana, N. (2021). ANTESEDEN MINAT, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 2(01), 1–11. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/272