ANALISIS KUALITAS TAHU HOME INDUSTRY DI DALAM PROSES PRODUKSI UNTUK MENJAGA KUALITAS GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA DESA REMEN KEC. JENU KAB. TUBAN JAWA TIMUR)

  • Hendra Purwanto Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Handaru Indrian Sasmito Adi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: Home Industry; Proses Produksi; Kualitas; Meningkatkan Volume Penjualan

Abstract

Home industry tahu yang terletak di kawasan desa Remen Kec. Jenu Kab. Tuban yang dikelola oleh bapak Rasio sekeluarga, usaha ini sudah berdiri ± 4 tahun yang lalu tepatnya tahun 2017 serta memiliki jumlah karyawan sebanyak 4 orang dan melakukan produksi tahu setiap harinya. Proses produksi tahu milik bapak Rasio ini seperti pada umumnya yaitu mulai dari pemilihan biji kedelai yang berkualitas baik sampai pencetakan dan pemotongan tahu, tetapi ada nilai plus untuk tahu buatan bapak Rasio ini, yaitu pemberian air saat pemasakan kedelai yang menggunakan air sumber dari desa setempat yang memiliki kadar garam yang sangat tinggi dan jumlah kandungan air saat pengepresan sangat sedikit sekali sehingga menjadikan tahu berkualitas bagus, tidak mudah pecah dan memiliki rasa yang gurih, hal inilah yang menjadi ciri khas tahu bapak Rasio dengan produksi tahu lainnya. Untuk menjaga kualitas tahu, bapak Rasio melakukan pemilihan kedelai sendiri yang hanya didapatkan dari agen tertentu dan menggunakan kedelai import, memperhatikan kebersihan tempat dan peralatan yang digunakannya, serta melakukan penggilingan sendiri kedelai yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tahu. Untuk pemasaran produk tahu bapak Rasio ini masih sangat sederhana yaitu di jual ke pasar desa Merkawang, sedangkan untuk meningkatkan penjualan hendaknya usaha bapak Rasio menambah jumlah karyawan dan bahan baku, sehingga dapat meningkatkan volume produksi serta dalam melakukan pemasaran tidak hanya di satu tempat (pasar), tetapi bisa mencakup 3 pasar sekaligus (Merkawang, Tambakboyo, dan Jenu) sehingga bisa meningkatkan volume penjualan tahu home industry milik paka Rasio.

References

[1] Astutik, Fajariyah dan Mustika Dewi. 2013. Upaya Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Home Industry Gambir (Krupuk Kertas) di Dusun Dunengendak Desa Tlontoraja Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. FE,
Universitas Negeri Surabaya
[2] Ayu Andika Harum Sari, I Gusti dan gede Mertha Sudiartha. 2019. Pengendalian Kualitas Proses Produksi Kopi Arabika Pada UD. Cipta Lestari Di Desa Pujungan. E-Jurnal Manajemen. Vol.8, No. 4. ISSN- 2302-8912
[3] Boediono, Meilina, Sonata Cristian, Mustikasari Immanuel. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. PERFORMA. Jurnal Manajemen dan Star-Up Bisnis. Volume 3,
Nomor 1
[4] Efria, Liana Ria dan Yudhanta S. Analisis Kualitas Produk dan Keberadaan Bahan Baku Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Perusahaan Senapan Angin “SANAJI”. ISSN: 2407-2680. Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK) Vol. 3, No.1 (2016).
[5] Fahmi, Irhami. 2014. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Alfabeta
[6] JSP, Tyoso dan Dyah Widyaningrum.
Analisis Kualitas Produk, Biaya Kualitas

Dan Volume Penjualan. Serat Acitya- Jurnal Ilmiah. UNTAG Semarang. (2012):
[7] Jienardy, C. 2017. PERFORMA. Jurnal Manajemen dan Star-Up Bisnis. Gap Analisis Presepsi dan Ekspetasi Konsumen terhadap Kualitas Layanan, Harga, Kualitas Produk Esus. 1(6), 1-8.
[8] Lisaria, Putri Rumanintya. Peningkatan Kualitas Produk Melalui Penerapan Prosedur dan Sistem Produksi. FE. Universitas Islam Blitar. Jurnal WRA, Vol 4, No 2. (2016)
[9] Noerpratomo, Alrizal (2018). Pengaruh Persediaan Bahan Baku dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Di CV. Banyu Biru Commection. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Almana) Vol. 2.
No. 2/Agustus 2018
[10] Sasangka, Indra dan Rahmat Rusmayadi. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart’90 Bandung. Jurnal Imliah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi. Vol.2 No.1. ISSN:2541-5255.
[11] Sugiyono. 2015. Quantitative Research Methods, Qualitative, and R & D. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-12-30
Section
Articles