MODEL PENGANGGARAN DAN MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM DI INDONESIA

Authors

  • andi masruroh Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.5555/oportunitas.v4i1.683

Keywords:

pembiayaan, Indonesia, pendidikan Islam, madrasah, pengelolaan proses belajar mengajar pendidikan

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia memiliki dua subsistem utama, satu di bawah pengelolaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dan pendidikan madrasah dan pendidikan agama di bawah pengelolaan Kementerian Agama (Kemenag). Dari sekitar 233.517 sekolah dan madrasah negeri, sekitar 82% adalah sekolah negeri dan sisanya 18% adalah madrasah; dan dari 49.402.000 siswa dari lembaga-lembaga ini, 87% terdaftar di sekolah negeri dan 13% lainnya terdaftar di madrasah. Undang-undang dan peraturan Indonesia mengharuskan sekolah dan madrasah negeri diperlakukan sama. Selain itu, madrasah juga mengajarkan kurikulum nasional yang sama selain mata pelajaran agama Islam yang diatur oleh Kemenag. Penulis mencoba untuk mendefinisikan keadaan pendidikan Islam saat ini di Indonesia, masalah akademik yang dihadapi pemerintah dan mencari solusi yang mungkin untuk mereka melalui survei lapangan dan metode analisis data yang digunakan selama penyelidikan. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa infrastruktur yang tidak memadai dari kontribusi pemerintah terhadap pendidikan umum termasuk pendidikan agama, dan terbatasnya kuota di universitas pedagogik menyebabkan kekurangan guru di daerah pedesaan. Pemerintah Indonesia membutuhkan reformasi pendidikan lebih lanjut di bidang pendidikan umum, pelatihan guru, dan pelatihan ulang guru yang berkualitas, dan biaya sekolah menantang sistem pendidikan nasional di negara ini.

Kata kunci: pembiayaan, Indonesia, pendidikan Islam, madrasah, pengelolaan proses belajar mengajar pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar R., dkk. (2020). Revealing How Indonesia’s Subnational Goverments Spend Their Money on Edecation: Indonesia Subnational Education Public Expenditure Review 2020, World Bank, Washington, https://openknowledge.worldbank.org/handle/10988/3381

Beatty, A., dkk. (2018). Indonesia Got Schooled: 15 Years of Rising Enrolment and Flat Learning Profiles, RISE working paper, https://riseprogramme.org/sites/default/files/2020

Indra, h. (2016). Pendidikan Tinggi Islam dan Peradaban Indonesia. Al Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 16 (1)

Rosser A., (2013) From User Fees to Fee Free: The Politics of Realising Universal Free Basic Education in Indonesia. Journal Development Studies. Vol. 49 (2)

Sari, V. A. (2019) Educational Assistance and Education Quality in Indonesia: The Role of Decentralization. Vol 45 (s1)

Shaturaev, J. (2021) A Comparative Analysis of Public Education System of Indonesia and Uzbekistan. Bioscience BiotechnologyResearch Communications. Vol. 14 (5).

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

masruroh, andi. (2023). MODEL PENGANGGARAN DAN MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM DI INDONESIA. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 4(1), 10–14. https://doi.org/10.5555/oportunitas.v4i1.683