STRATEGI PEMASARAN JASA JAHIT UNTUK KELANGSUNGAN USAHA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PEKUWON

Authors

  • Eni rahayu Unirow Tuban
  • Candra Aeni Unirow Tuban

Keywords:

Jasa Jahit; Kelangsungan Usaha, Pandemi Covid-19; Strategi Pemasaran

Abstract

Strategi pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam dunia usaha untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Pada kondisi seperti ini, Indonesia mengalami dampak dari pandemi covid-19. Pemasaran merupakan faktor pendorong untuk mempertahankan usaha sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian ketika mengalami dampak pandemi covid-19. Adanya pandemi ini menyebabkan banyak negara-negara yang menetapkan peraturan pembatasan sosial bahkan sampai menghentikan para pekerja pabrik. Strategi pemasaran sangat penting bagi perusahaan, ketika dihadapkan masalah pandemi covid-19 sehingga perlu dilakukan suatu penelitian. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil strategi pemasaran dalam masa pandemi covid -19, dan bagaimana mengatasi kendala yang dihadapi oleh konveksi Anisa Collection dalam masa krisis pandemi covid 19. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dan bagaimana mempertahankan kualitas layanan jasa jahit pada konveksi Anisa Collection dan penjualan Produk di konveksi Anisa Collection. Pendekatan  penelitian ini melalui metode kualitatif deskriptif dengan melakukan secara langsung dalam mencari informasi serta bukti untuk memperjelas permasalahan yang terjadi pada perencanaan strategi pemasaran dalam mempertahankan kelangsungan usaha. Teknik pengumpulan data  melalui interview, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah deskriptif yaitu untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul. Hasil analisis sebuah strategi pemasaran terdiri dari segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar dan bauran pemasaran yang meliputi: produk, harga, promosi, tempat, sumber daya manusia, proses dan bukti fisik. Dari beberapa strategi pemasaran yang telah digunakan menunjukkan penjualan Anisa Collection dalam kurun waktu 6 bulan yaitu (Januari-Juli 2021) cenderung meningkat. Strategi pemasaran yang diterapkan menjadi sebuah strategi pemasaran yang efektif karena dapat mempertahankan kelangsungan usahanya di tengah pandemi covid -19. Strategi pemasarannya dapat digunakan sebagai strategi pemasaran dalam masa krisis seperti pandemi covid-19 maupun pada saat normal kedepan. Karena sebelum melakukan strategi pemasaran tersebut usaha jasa jahit konveksi Anisa Collection sering mengalami penurunan pesanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong, G., & Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Fuad, M. (2006). Pengantar bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Huberman, M. B. M., & Michael, A. (2009). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode–Metode Baru, terj.

Lasmadiarta, M. (2013). Extreme facebook marketing for giant profits. Elex Media Komputindo.

Lin, C., and Lekhawipat, W. 2014. Factors affecting online repurchase intention. Industrial Management & Data Systems, 114 (4): 597-611

Mangkunegara, A. A. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia perusahaan.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Munir, S., Merlinda, S., Soesilo, Y. H., & Windrayadi, Y. D. P. (2021). Experience-Based Learning Models in Entrepreneurship Courses: An Innovation to Promote Entrepreneurship Based on Local Wisdom. KnE Social Sciences, 341-350.

Pappas, I.O., Pateli, A.G., Giannakos, M.N., and Chrissikopoulos, V. 2014. Moderating effects of online shopping experience on customer satisfaction and repurchase intentions. International Journal of Retail & Distribution Management, 42 (3): 187-204

Prasetyo, D. Y., Yunita, F., Bindas, A., Samsudin, S., & Muni, A. (2021). SOCIAL MEDIA MARKETING DI MASA PANDEMI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 979-988.

Putri, A. A., & Prayoga, D. (2021). Pemasaran sosial menggunakan media sosial dalam upaya pencegahan penularan COVID-19: tinjauan literatur. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(2), 144-149.

Rahartri, L. I. P. I. (2019). " WHATSAPP" MEDIA KOMUNIKASI EFEKTIF MASA KINI (STUDI KASUS PADA LAYANAN JASA INFORMASI ILMIAH DI KAWASAN PUSPIPTEK. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 21(2), 147-156.

RY, N. N., & Rupilu, W. (2020). Manajemen UMKM Bagi Wanita. Pustaka Abadi.

Suandana, N. P. W., Rahyuda, K., & Yasa, N. N. K. (2016). Pengaruh pengalaman membeli produk fashion terhadap niat membeli kembali melalui kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(1), 85-97.

Sudaryono, D. (2015). Pengantar Bisnis, Teori dan Contoh Kasus. Yogyakarta: Penerbit Andi

Sugiyono. (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H. B. (2006). Penelitian kualitatif: Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Tirtayasa, S., Nadra, I., & Khair, H. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(2), 244-259.

Wu, W.Y., and Chang, M.L. 2007. The role of risk attitude on online shopping: experience, customer satisfaction, and repurchase intention. Social Behavior and Personality, 35 (4): 453.

Zagoto, Y., Yuliyati, M. T., Pambudi, R., Cikdan, M., & Mukadi, M. (2022). Peran Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 37-40.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Eni rahayu, & Candra Aeni. (2023). STRATEGI PEMASARAN JASA JAHIT UNTUK KELANGSUNGAN USAHA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PEKUWON. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 4(1), 25–33. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/828