EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH BELAJAR PEMBELAJARAN I TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Hernik Pujiastutik Pendidikan Biologi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

e-learning, belajar pembelajaran, efektifitas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Mata kuliah Belajar Pembelajaran merupakan mata kuliah yang sarat akan hafalan, sehingga kemungkinan akan timbul rasa bosan, dan dalam pembelajaran pemahaman konsep mahasiswa sangat kurang yang dibuktikan dengan hasil belajar yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui  hasil belajar setelah diterapkannya media pembelajaran E-Learning berbasis web pada mata kuliah Belajar Pembelajaran I. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan PTK Lewwin. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes, angket dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data  menggunakan  analisis ketuntasan hasil belajar dan analisis respon mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa  Hasil belajar mata kuliah Belajar Pembelajaran I mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2017 dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari prosentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 77%  dengan kriteria tuntas dan siklus II sebesar 92% dengan kriteria sangat tuntas. Sehingga hasil tersebut telah mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan yaitu > 75. Respon mahasiswa terhadap penerapan media pembelajaran elearning berbasis web mendapatkan respon positif  dari siswa, dimana rata-rata prosentase sebesar 76%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran e-learning berbasis web efektif dalam meningkatkan hasil belajar matakuliah belajar pembelajaran I.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Suyitno. 2012. Facebook Sebagai Media Kreatif E-Learning Untuk Distance Learning di Era Global. Makalah dipresentasikan di BPU DINAMIK7 UPI.

Asep Herman Suyanto. 2005. Mengenal E-Learning. Universitas Gadjah Mada. [On-Line]. Tersedia : http:www.asep-hs.web.ugm.ac.id.

Azhar Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Budi Murtiyasa. 2012. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Surakarta : FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta. [On-Line]. Tersedia : http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel%20&%20Jurnal/Inovasi%20Dal am%20Pendidikan/TIK_inEduMath.pdf.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dunne, Richard. 1996. Pembelajaran Efektif (Terjemahan). Jakarta: Grasindo.

Hadi Sutrisno. 2010. Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Haigh, W. 1993. Using Computer to Solve Problems by The Guess and Test Method. School Science and Mathematics, 93(2), 92 – 95.

Irianto, R. A 2015. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Elearningberbasisi Web Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika Kelas X Periapan Di Smk N 1 Semarang. Under Graduated Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Popham, W. James. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan). Jakarta: Rineka cipta.

Prakoso, P & Haryudo, S. 1 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Eearning Berbasis Web Menggunakan Ucoz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Dan Pengkuran Listrik Di Smkn 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 5 No 01 2016 7-13.

Ramadhani, M. 2012. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kalasan. SKRIPSI

Riyanto Samodra. 2009. Pembuatan Bahan Belajar Berbasis Online. Jakarta : PTIKPDepdiknas.

Rosenberg, Marc. 2007. The eLearning Guild's Handbook of e-Learning Strategy. Santa Rosa : The eLearning Guild.

Sparrow, L & Swan, P. 2000. Student centred learning: Is it possible?. [On-Line]. Tersedia : http://lsn.curtin.edu.au/tlf/tlf2000/sparrow.html. Diunduh 8 Oktober 2011.

Sinambela, N.J.M.P. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara. Tesis. Surabaya : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Singgih Santoso. 2008. Panduan Lengkap Menguasai SPSS 16.0. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA.

Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sutikno Sobry. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Published

2019-05-09

How to Cite

Pujiastutik, H. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH BELAJAR PEMBELAJARAN I TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 25–36. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/46