METODE MONTESSORI: MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI PRACTICAL LIFE
DOI:
https://doi.org/10.55719/gcej.v6i1.1689Keywords:
Metode Montessori, practical life, Anak Usia Dini, KemandirianAbstract
Metode Montessori merupakan pendekatan pendidikan yang menekankan pengembangan kemandirian anak usia dini melalui kegiatan practical life. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kegiatan practical life dalam metode Montessori dapat menumbuhkan kemandirian pada anak. Dengan menggunakan metode kajian pustaka, penelitian ini menganalisis berbagai studi dan jurnal terkait implementasi metode Montessori serta dampaknya terhadap kemandirian anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan practical life, seperti perawatan diri, perawatan lingkungan, dan interaksi sosial, berkontribusi signifikan dalam mengembangkan kemandirian, rasa percaya diri, dan kemampuan menyelesaikan masalah pada anak. Peran orang tua dan guru sangat penting dalam mendukung kegiatan tersebut, baik di rumah maupun di lingkungan sekolah. Studi ini menyimpulkan bahwa metode Montessori, khususnya melalui kegiatan practical life, efektif dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.
Downloads
References
O. Haloho, “Membangun Logika Matematika Anak Usia Dini dengan Metode Montessori Oktani Haloho,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 7708–7712, 2022.
S. Nurhendrar, “Petntingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang Anak,” Rev. Bras. Ergon., vol. 9, no. 2, p. 10, 2007, [Online]. Available: https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106
Y. N. Farih and N. A. Fardana, “Transformasi Pendidikan Anak Usia Dini: Menyelami Konsep Montessori di Indonesia,” J. Early Child. Educ. Dev., vol. 5, no. 2, pp. 108–122, 2023.
U. HASANAH and N. FAJRI, “Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” EDUKIDS J. Inov. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 116–126, 2022, doi: 10.51878/edukids.v2i2.1775.
M. I. Sholeh, “Penerapan Metode Montessori dalam Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Anak”.
T. Surtini, N. S. Pertiwi, S. Aisyah, and C. Hilman, “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak melalui Metode Montessori di TK Islam Al-Fitriyah,” vol. 1, no. 1, pp. 59–64, 2025, doi: 10.55123/didik.
I. Loka and A. Listiana, “Analisis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 6, no. 3, pp. 316–332, 2023, [Online]. Available: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/17464
C. Daviq, “PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019,” Paud Lect., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2019, [Online]. Available: http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68
K. Khulusinniyah and Z. Masrurah, “Implementasi Metode Montessori Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Di Ra Miftahul Ulum Manggisan Jember,” Atthufulah J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, pp. 47–52, 2021, doi: 10.35316/atthufulah.v1i2.1367.
S. Saudah, Sri Hidayati, and Resti Emilia, “Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Membangun Kemandirian Anak Usia Dini,” NANAEKE Indones. J. Early Child. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 51–62, 2022, doi: 10.24252/nananeke.v5i1.27174.
T. H. E. Implementation, O. F. Montessori, M. In, S. The, and P. Jepara, “IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS III SD NEGERI 4,” vol. 7, no. September 2024.
N. Kamil and S. Asriyani, “Analisis Penerapan Metode Montessori Pada Aspek Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life,” J. Buah Hati, vol. 10, no. 1, pp. 1–15, 2023, doi: 10.46244/buahhati.v10i1.2098.
S. Azhari et al., “Analisis peningkatan kemandirian anak melalui metode pembelajaran montessori,” vol. 4, pp. 166–198, 2024.
N. F. Hadi and N. K. Afandi, “Literature Review is A Part of Research,” Sultra Educ. J., vol. 1, no. 3, pp. 64–71, 2021, doi: 10.54297/seduj.v1i3.203.
K. Dalam, M. Kompetensi, and B. Peserta, “Volume 11 No. 1, February 2025,” vol. 11, no. 1, pp. 122–132, 2025.
L. Hasanah, A. Maharani, J. Putri, and R. R. Aisy, “Implementasi Prinsip Pembelajaran Model Montessori dalam Pengembangan Kurikulum PAUD,” vol. 8, pp. 21864–21879, 2024.
W. J. Pendidikan and A. D. Budaya, “Telaah Atas,” vol. 7, no. 2, pp. 118–128, 2023.
A. Nursihah, Y. Yulianingsih, and N. Mustafidah, “Relasi Kegiatan Practical Life dengan Kemandirian Anak Usia Dini,” Conf. Islam. Early Child. Educ., vol. 13, 2022, [Online]. Available: https://conferences.uinsgd.ac.id/
D. Kristiana, “Penerapan Pembelajaran Practical Life Dalam Menstimulasi Kemandirian Anak di Pocenter,” J. INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), vol. 2, no. 1, pp. 38–45, 2024.
N. Mutmainah, H. Ahyani, and A. Hapidin, “Peran Orang Tua Dalam Membentuk Sikap Mandiri Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19,” Aulada J. Pendidik. dan Perkemb. Anak, vol. 3, no. 2, pp. 197–209, 2022, doi: 10.31538/aulada.v3i2.1791.
W. Okta Bela, E. S. Awalia, M. Melinda, S. Ananta, and A. P. Anjani, “Analisis Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Kemandirian Anak,” HYPOTHESIS Multidiscip. J. Soc. Sci., vol. 2, no. 02, pp. 303–315, 2023, doi: 10.62668/hypothesis.v2i02.893.
I. Khotijah, G. Simbolon, O. S. Purnama, and S. Kale, “Peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di tk gmit syaloom airnona kota kupang,” J. Golden Age, Univ. Hamzanwadi, vol. 7, no. 01, pp. 81–92, 2023.
F. Utami, A. I. Zulkarnain, N. Afifah, A. Aghnaita, and S. Hidayati, “Kegiatan Practical Life dalam Menanamkan Karakter Disiplin di TK IT Asy-Syaamil Palangka Raya,” BOCAH Borneo Early Child. Educ. Humanit. J., vol. 3, no. 2, pp. 107–121, 2024, doi: 10.21093/bocah.v3i2.8294.
J. K. Cendekia, P. S. Ningrum, T. Pangaribuan, and W. S. Utami, “Practical Life : Kegiatan Untuk Melatih Kemandirian,” vol. 12, no. 2, pp. 149–157.
W. I. Pawestri, H. Cahyono, and M. ‘Azzam Muttaqin, “Implementasi Practical Life Skill dalam Menumbuhkan Rasa Kesadaran Diri pada Anak Usia Dini,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 3, pp. 3148–3157, 2024, doi: 10.37985/jer.v5i3.1488.
P. Pembelajaran et al., “Jurnal Al-Fitrah : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini,” vol. 4, no. 2829, pp. 1–11, 2025.
S. A. Sakinah, E. Elan, Q. Qonita, U. P. Indonesia, and E. Elan, “MODEL PRACTICAL LIFE TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK,” vol. 8, no. 1, pp. 159–164, 2024, doi: 10.29313/ga.