PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DALAM OPERANT CONDITIONING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH: LITERATUR REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.55719/gcej.v6i1.1699Keywords:
Learning Motivation, Reinforcement, Operant Conditioning TheoryAbstract
Teori Operant Conditioning yang dikembangkan oleh B.F. Skinner menekankan bahwa perilaku dapat dibentuk melalui konsekuensi, yaitu penguatan dan hukuman. Dalam konteks pendidikan, penguatan berperan penting dalam mendorong perilaku belajar yang positif dan meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) dalam pendekatan Operant Conditioning terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan menelaah 12 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2018 hingga 2024 dan relevan dengan topik penguatan (reinforcement) serta motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan, baik positif maupun negatif, berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penguatan positif lebih efektif dalam membangun motivasi intrinsik, sementara penguatan negatif membantu mengurangi kondisi yang tidak menyenangkan. Penerapan penguatan yang tepat dan konsisten menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong keterlibatan siswa. Dengan demikian, prinsip Operant Conditioning menjadi strategi penting dalam meningkatkan motivasi belajar di sekolah
Downloads
References
Amir, Risnawati., Z. (n.d.). PEMBELAJARAN MATEMATIKA. www.aswajapressindo.co.id
Herpratiwi. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran.
Ilmu, J., & Islam, P. (n.d.). TEORI OPERANT CONDITIONING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN BAHASA ARAB. 20(1). http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3530
Prayogi, Y., Simanjuntak, V. G., Program, M. H., Pendidikan, S., Fkip, J., & Pontianak, U. (2018). PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENJASKES DI SMAN 1 MENYUKE.
Hartoyo Soehari. (2021). MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA.
Julyanti, E., Rahma, I. F., Candra, O. D. (2021). PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA THE EFFECT OF MOTIVATION ON STUDENT’S LEARNING OUTCOMES IN FIRST HIGH SCHOOL. 7(1), 2460–2593.
Nur, N., Sohorah, & Nurjayanti. (2024). EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif Penerapan Reward and Punishment dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MI DDI Ar Rahim Informasi Artikel A B S T R A K. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(1), 574–579. https://doi.org/10.57255/eduspirit.v1i1.17.
Nurcaya, N., Ebe, A., Arisa, A., Rahmi, N., & Samad, A. G. (2022). Pengaruh Verbal Reinforcement pada Motivasi Belajar Siswa. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 66. https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i1.6866.
Safira, E., Fitriani, W., & Batusangkar, M. Y. B. U. (2024). Analisis Penerapan Teori Belajar Operant Conditioning. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 366–374.
Aprilia Putri, N., Prasetiyawati, D., & Hariyanti, D. (2019). 45 Penggunaan Metode Reward Dan Punishment Dalam Mengembangkan Kemampuan Emosional Anak Usia Dini.
Aco Karumpa, & Hanana Muliana. (2022). Peningkatan Nilai Ulangan Terhadap Pemberian Reward dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 1 Aco Karumpa, 2 Hanana Muliana. In Jurnal Konsepsi (Vol. 11, Issue 3). https://p3i.my.id/index.php/konsepsi404.
Kiki Melita Andriani, Maemonah, & Rz. Ricky Satria Wiranata. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F. Skinner dalam Pembelajaran: Studi Analisis Terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta Tahun 2014 –2020.
Rizqiyah, H., & Jacky, M. (2021). The Indonesian Journal of Social Studies Perubahan Perilaku melalui Reward and Punishment di Program Sekolah (Vol. 4, Issue 2).
Meli Yulianti. (2021). Penerapan Teori Behavioristik dalam Meningkatkan Minat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Meli Yulianti.
Aprilia Putri, N., Prasetiyawati, D., & Hariyanti, D. (2019). 45 Penggunaan Metode Reward Dan Punishment Dalam Mengembangkan Kemampuan Emosional Anak Usia Dini.
Wayan, N., Mulyati, K., Smp, G., Rini, M., & Bali, J. (2019). HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISIWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUWANGI (Vol. 8, Issue 1). https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/index
Adawiyah, R. (2020). PENGEMBANGAN APLIKASI REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN GURU DAN SISWA MADRASAH. Journal of Islamic Studies, 07(02). https://ejurnal.stainh.ac.id/index.php/jurnal.
Ningrum, V., Vibriyanti, D., Hidayati, I., Adhi, I., Putri, P., Katherina, L. K., Seftiani, S., Kependudukan, P. R., Riset, B., Nasional, I., Widya, G., Lantai, G., Gatot, J., No, S., & Selatan, J. (2021). Perubahan Perilaku Menyampah Siswa Melalui “Reinforcement.” Jurnal Sosial Humaniora (JSH) 2021, 14(2). http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Chen, X. (2023). A Study of Using Reward and Punishment in The Education of School- Aged Children-Based on Behaviorism Theory Operant Conditioning. In Journal of Education, Humanities and Social Sciences PSHE (Vol. 2023).
Hu, J. (2024). Operant Conditioning in Child Psychology: Understanding the Influence of Rewards and Punishments on Childrens Behavior. Lecture Notes in Education Psychology and Public Media, 44(1), 259–265. https://doi.org/10.54254/2753- 7048/44/20230161.