ANALISIS TEORI BEHAVIORISME JOHN B. WATSON DAN IMPLIKASINYA DALAM KONTEKS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.55719/gcej.v6i1.1703Keywords:
Behaviorisme, John B.Watson, Teknologi PendidikanAbstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana teori behaviorisme yang dicetuskan John B. Watson relevan dalam konteks teknologi pendidikan. Teori ini berfokus pada pembentukan perilaku melalui stimulus-respons, telah mempengaruhi desain pembelajaran, khususnya dalam lingkungan digital. Teori ini memiliki kelemahan karena kurang memperhatikan aspek kognitif dan afektif siswa. Penelitian ini menggunakan metode Literature Review dengan menganalisis beberapa artikel dari laman Google Scholar yang relevan dengan topik. Hasil penilitian menunjukkan bahwa teori behaviorisme John B. Watson harus dipadukan dengan pendekatan lain yang lebih menyeluruh untuk mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi yang efektif.
Downloads
References
D. G. C. Widayanti, P. G. Subhaktiyasa, C. I. A. Wulandari, dan V. S. Andrini. Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet. 1. PT Sonpedia Publishing Indonesia. 2024
N. W. Rahmah dan H. N. Aly, “Penerapan teori behaviorisme dalam pembelajaran,” Journal of Education and Instruction (JOEAI), vol. 6, no. 1, pp. 89–100, 2023. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5425
T. Siregar, A. Adinda, dan A. Amir, Psikologi pendidikan. Yayasan Putra Adi Dharma, 2024.
L. P. R. Wedanthi, N. K. Suarni, dan I. G. Margunayasa, “Strategi pembelajaran teori behavioristik conditioning oleh Edwin Guthrie dan Watson dalam meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa kelas 4 sekolah dasar,” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, vol. 25, no. 1, pp. 639–645, 2025. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.4786
M. N. Azizah, “Relevansi teori behaviorisme menurut Edward Lee Thorndike dan J.B. Watson terhadap pendidikan agama Islam,” Educatia: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, vol. 13, no. 2, pp. 341–346, 2023. [Online].
N. A. Isnaini, N. I. Rosyida, R. Wulandari, Tarsono, dan Hasbiyallah, “Dari stimulus- respon hingga modifikasi perilaku: Tinjauan teori behaviorisme John B. Watson dan realisasinya dalam pembelajaran,” JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 12, pp. 10062–10070, 2023. Tersedia: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2442
K. Hazyimara dan W. S. D. Suwarni, “Penerapan teori behaviorisme Thorndike dalam teknologi pendidikan dan implikasinya terhadap pembelajaran IPS di MTsN Gowa,” Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, vol. 9, no. 4, pp. 1478–1486, 2023.
M. N. Sinaga, S. Siringo Ringo, dan M. C. Netrallia, “Teori belajar sebagai landasan bagi pengembangan teknologi pendidikan,” Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, vol. 4, no. 1, pp. 9–11, 2024. [Online].
A. N. Aziz, A. S. Rahmatullah, A. D. Makrufi, dan M. Samsudin, “Pembelajaran online dalam perspektif teori behavioristik,” IDEAS: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, vol. 8, no. 4, pp. 1285–1288, 2022. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1055
Z. Sipayung dan H. Sihotang, “Peranan belajar behaviorisme dalam hubungannya dengan teknologi pendidikan serta implikasinya dalam pembelajaran,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 5, pp. 7129–7138, 2022. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3871
P. Rahayu, P. Ardhianto, S. Wargiani, S. Arifin, dan U. Ziyanatuzzahro, “Korelasi teori belajar dengan teknologi pendidikan,” Social Science Academic, vol. 1, no. 2, pp. 321–336, 2023. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3574.
A. M. Buhamad, “The application of behavioral and constructivist theories in educational technology,” Journal of Education and Learning, vol. 13, no. 3, pp. 52–54, 2024. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.5539/jel.v13n3p52.
Y. Indriyani dan V. N. Muna, “Behavioristic theory in the scope of education,” Journal of Psychology Nommensen HKBP University, vol. 7, no. 2, pp. 57–60, 2021. [Online].
Y. A. Pratama, “Relevansi teori belajar behaviorisme terhadap pendidikan agama Islam,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 4, no. 1, pp. 39–42, 2019. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718
E. B. Shahbana, F. K. Farizqi, dan R. Satria, “Implementasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran,” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2020.
J. Yuan, X. Qiu, J. Wu, J. Guo, W. Li, dan Y.-G. Wang, “Integrating behavior analysis with machine learning to predict online learning performance: A scientometric review and empirical study,” arXiv Preprint, 2024. [Online]. Tersedia: https://arxiv.org/abs/2406.11847