Upaya Peningkatan Penjualan Beras Leran Melalui Pengemasan Dan Labeling

Authors

  • Ahmad Zaenal Arifin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sriwulan Sriwulan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nia Nurfitria Universitas PGRI Ronggolawe
  • Kuntum Febriyantiningrum Universitas Negeri Yogyakarta
  • Susanti Dhini Anggraini Universitas PGRI Ronggolawe
  • Abdul Wahid Nuruddin Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/as.v3i1.950

Keywords:

beras leran, kemasan, pemasaran, penjualan

Abstract

Pengemasan dan labeling menjadi hal penting dalam proses pemasaran suatu produk, termasuk beras kemas. Kemasan dapat mempengaruhi kualitas produk serta keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Sementara labeling akan memberikan informasi yang jelas tentang produk yang ditawarkan. Dengan demikian pemilihan desain kemasan dan pemberian label pada suatu produk menjadi penting sebagai Upaya untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Namun, mitra dalam kegiatan ini menjual produk beras “Leran” dalam kemasan plastik polos tanpa label dan identitas produk. Sementara di Desa Leran Wetan dan Leran Kulon sendiri ditemui banyak pedagang beras yang sudah memiliki kemasan dengan desain menarik dan label produk. Hal ini menjadikan tingkat penjualan produk mitra rendah, selain karena kompetisi tinggi juga dikarenakan produk mitra belum memiliki branding sehingga tidak dikenal oleh konsumen. Oleh karenanya dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan Upaya untuk meningkatkan tingkat penjualan produk mitra melalui pembuatan kemasan dan label pada produk mitra, agar dapat lebih dikenal oleh konsumen. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan, dimana dalam kegiatan tersebut dilakukan transfer Ipteks kepada mitra terkait pembuatan desain kemasan dan labeling dan pendampingan dalam pemasaran produk untuk meningkatkan tingkat penjualan produk mitra. Hasil yang diperoleh dari program ini penjualan produk mitra mengalami peningkatan sebesar 10% pada bulan pertama, kemudian pada bulan kedua dan ketiga meningkat sebanyak 15%, dan pada bulan keempat meningkat sebanyak 62%. Dengan demikian adanya kemasan yang menarik dan label produk yang jelas efektif dalam meningkatkan penjualan beras Leran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprillia, M. (2022). Jaringan Sosial Produsen Beras Di Desa Leran Kulon Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Paradigma, 11(1).

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20–27.

Artaya, I. P., Baktiono, R. A., & Kamisutara, M. (2021). Pelatihan Proses Labelisasi Kemasan Produk Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Candi Sidoarjo. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 97–105.

Budijanto, S., Sadek, N. F., Yuliana, N. D., Prangdimurt, E., & Priyosoeryanto, B. P. (2016). Potensi Beras Analog sebagai Alternatif Makanan Pokok untuk Mencegah Penyakit (Degeneratif Potency of Rice Analogue as Staple Food Alternative to Prevent Degenerative Diseases). Jurnal Pangan, 25(1), 61–70.

Fakhruzy, A. (2023). Penetapan Harga Beras di Pasar Duko Timur Pamekasan Perspektif Etika Bisnis Islam dan Hukum Persaingan Usaha. Al-Huquq: Journal of Indonesian Islamic Economic Law, 5(1), 61–79.

Fuadi, A., & Khairudin, Y. M. (2023). Manajemen Usaha Dan Pembuatan Kemasan Serta Labeling Home Industri Kue Basah Pada Usaha Kelompok Desa Pematang Serai Kec. Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 48–56.

Kotatuban.com. (2016). Produksi Beras Leran, Melimpah _ Kota Tuban Jawa Timur.

Lestari, N. T., & Ulya, H. N. (2021). Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Strategi Labeling Usaha Keripik Tempe di Desa Glonggong. Abdimas Indonesian Journal, 1(1), 19–34.

Nento, A. Z. (2013). Pengaruh Merek dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi kasus pada Toko Pia Saronde). Skripsi, 1(931409065).

Pratama, A. R., Sudrajat, S., & Harini, R. (2019). Analisis ketersediaan dan kebutuhan beras di Indonesia tahun 2018. Media Komunikasi Geografi, 20(2), 101–114.

Santosa, I. G. N., Adnyana, G. M., & Dinata, I. K. K. (2011). Dampak alih fungsi lahan sawah terhadap ketahanan pangan beras. Prosiding Seminar Nasional Budidaya Pertanian, 2(9), 602–978.

Tantri, N. Y. (2017). Pengaruh Kemasan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Beras Kemasan Merek UD. Padi Mulya Nganjuk. Simki-Economic, 01(11), 1–16.

Taufikurrahman, T., Yusuf, A. R. B., Fatimatuzzahro, U., Rahmawati, E. F., Aprilia, F. F., Fadillah, A. N., Setiawati, P., Aidhaningtyas, F. T., Krisna, N. R., & Murti, D. S. (2022). Pendampingan Pembuatan Label Pada Produk Kemasan UMKM Di Desa Besuk, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 48–54.

Zaeroni, R., & Rustariyuni, S. D. (2016). Pengaruh Produksi Beras, Konsumsi Beras, dan Cadangan Devisa terhadap Impor Beras di Indonesia. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(9), 993–1010.

Downloads

Published

22-04-2025

How to Cite

Arifin, A. Z., Sriwulan, S., Nurfitria, N., Febriyantiningrum, K., Anggraini, S. D., & Nuruddin, A. W. (2025). Upaya Peningkatan Penjualan Beras Leran Melalui Pengemasan Dan Labeling. Jurnal Abdisembrani, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.55719/as.v3i1.950

Issue

Section

Articles