PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE MONTESSORI DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI

Authors

  • Ayunda Sayyidatul Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v5i1.1146

Keywords:

Metode Montessori, Karakter Mandiri, Anak Usia Dini

Abstract

Pada hakekatnya, anak-anak memerlukan kegiatan yang bermakna, selain itu, anak-anak suka ikut andil dalam kegiatan orang dewasa untuk membuat mereka merasa dibutuhkan dan bermanfaat. Ini merupakan kesempatan untuk menumbuhkan rasa kemandirian pada anak. Salah satu tugas perkembangan anak usia dini adalah membangun kemandirian, yang perlu dikembangkan sejak dini. Metode Montessori adalah salah satu dari banyak pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian anak. Dalam pendekatan ini, anak-anak dilatih dengan alat peraga Montessori yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan indera, kemampuan kognitif, dan kemandirian anak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran Montessori membentuk karakter mandiri pada anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Desa Siding yang berjumlah 27 anak. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, dengan fokus penelitian Implementasi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Desa Siding Tahun Ajaran 2023/2024, Adapun yang menjadi sumber data primer adalah ketua yayasan, kepala sekolah, dan guru kelas A. Referensi buku dan jurnal yang berkaitan dengan metode Montessori dan kemandirian anak merupakan sumber data sekundernya. Untuk mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi digunakan untuk memverifikasi validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Montessori efektif dalam membangun karakter mandiri anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Desa Siding yang berjumlah 27 anak telah dilakukan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Rozana, D. S. A. Wulan, and R. Hayati, Pengembangan Kognitif Anak usia dini (teori dan praktik). Edu Publisher, 2020.

F. Ibda, “Perkembangan kognitif: teori jean piaget,” Intelektualita, vol. 3, no. 1, 2015.

N. Istiqomah and M. Maemonah, “Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget,” Khazanah Pendidik., vol. 15, no. 2, pp. 151–158, 2022.

E. Damayanti, “Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 463–470, 2019.

S. Elytasari, “Esensi metode Montessori dalam pembelajaran anak usia dini,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 3, no. 1, pp. 59–73, 2017.

A. K. Murray, L. C. Johnston, A. Sabater, and K. Clark, “Hidden Black voices in the history of Montessori education,” Am. Educ. Hist. J., vol. 47, no. 1/2, pp. 205–221, 2020.

G. L. Gutek and P. A. Gutek, America’s Early Montessorians: Anne George, Margaret Naumburg, Helen Parkhurst and Adelia Pyle. Springer Nature, 2020.

Ö. SİREM, “MONTESSORI EDUCATION,” Student-Friendly Teach. Approaches, p. 13, 2022.

R. A. Nasution, “Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori,” J. Raudhah, vol. 5, no. 2, 2017.

M. Khaironi, “Pendidikan karakter anak usia dini,” J. Golden Age, vol. 1, no. 02, pp. 82–89, 2017.

T. Lickona, “Character education: The cultivation of virtue,” in Instructional-design theories and models, Routledge, 2013, pp. 591–612.

L. Hadisi, “Pendidikan karakter pada anak usia dini,” Al-Ta’dib, vol. 8, no. 2, pp. 50–69, 2015.

M. Akhwan, “Pendidikan karakter: konsep dan implementasinya dalam pembelajaran di Sekolah/Madrasah,” El-Tarbawi, vol. 8, no. 1, pp. 61–67, 2014.

W. H. Kilpatrick, “Kilpatrick,” FA, Cobb, ED, 1985.

M. F. Said, “Perlindungan hukum terhadap anak dalam perspektif hak asasi manusia,” JCH (Jurnal Cendekia Hukum), vol. 4, no. 1, pp. 141–152, 2018.

S. Yulia, T. J. Raharjo, F. Fakhruddin, and A. Formen, “Problematika Pendidikan Karakter Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini,” in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2021, vol. 4, no. 1, pp. 248–254.

U. Khiyarusoleh, “Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget: Array,” Dialekt. J. Pemikir. Dan Penelit. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 1, 2016.

S. H. Sahir, “Metodologi penelitian.” KBM Indonesia, 2021.

S. Siyoto and M. A. Sodik, Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing, 2015.

K. L. Yuliastutie, “Pengaruh Pendekatan Metode Mentessori dalam Membentuk Karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini,” Arus J. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 185–195, 2022.

D. A. Wulandari, S. Saefuddin, and J. A. Muzakki, “Implementasi pendekatan metode montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini,” AWLADY J. Pendidik. Anak, vol. 4, no. 2, pp. 1–19, 2018.

Downloads

Published

2024-05-31