EFEKTIFITAS PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK, PESERTA DIDIK DAN PRESTASI RA Al FALAH TUBAN

Authors

  • Firdausi Nuzula Apriliyana Unirow
  • Sri Indahyani RA AL-FALAH TUBAN
  • Siti Marliah

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v5i1.1151

Keywords:

Pendidikan Holistik Berbasis Karakter, Kompetensi Pendidik, Peserta didik dan Prestasi Sekolah.

Abstract

Kondisi di dunia Pendidikan Anak Usia Dini pada jenjang Raudhatul Athfal pasca pandemi
sekarang ini menghadapi realita dimana kualitas pengasuhan yang masih rendah, kualitas
RA yang rendah, kualitas Pendidik RA yang rendah, peserta didik masih banyak di berikan
stimulasi kognitif berbasis (LK) lembar kerja tanpa melihat kebutuhan dasar anak.
Pendidikan Holistik Berbasis Karakter hadir sebagai program yang membangun seluruh
potensi manusia, baik potensi emosi, akademik, sosial budaya, fisik, kreatif dan spiritual
yang mampu mendorong siswa menjadi lifelong learner dan terintergrasi dengan kehidupan
yang nyata sehingga mampu meningkatkan kompetensi pendidik, peserta didik dan prestasi
sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif.
Penelitian dilakukan di RA Al-Falah. Berdasarkan temuan tentang peningkatan kompetensi
pendidik, peserta didik dan prestasi sekolah melalui Pendidikan Holistik Berbasis
Karakter, maka di berikan saran kepada sekolah lain untuk menerapkannya sesuai dengan
kondisi dan kebutuhan sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfath, Annisa, Fara Nur Azizah, and Dede Indra Setiabudi. 2022. “Pengembangan Kompetensi Guru

Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan 1 (2): 42–50.

Faujiah, Ajri, Ahmad Tafsir, and Sumadi Sumadi. 2018. “Pengembangan Karakter Anak Di Indonesia Heritage Foundation (Ihf) Depok.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL] 6 (2): 163–86.

Fauziah, Amalia. 2012. “Sekolah Holistik: Pendidikan Karakter Ala IHF.”

Latifah, Melly, and Neti Hernawati. 2009. “Dampak Pendidikan Holistik Pada Pembentukan Karakter Dan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 2 (1): 32–40.

Madyawati, Lilis, Hamron Zubadi, and Dede Yudi. n.d. “IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH

ANAK DI LEMBAGA PAUD.”

Puspitasari, Putri Ratih. 2017. “Evaluasi Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Pada Guru TK Golden Childhood Education Journal Email: gcejournal@gmail.com Vol. I No.1, April 2020 (Evaluasi Program Model Krikpatrik Di Indonesia Heritage Foundation 2014).” Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin 1 (1): 62–71.

Ridwan, Muhammad Hasbullah. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa.” Jurnal Tarbiyatuna 2 (2): 149–63.

Widodo, Hendro. 2021. Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah. Uad Press

Downloads

Published

2024-05-31