IMPLEMENTASI MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS HARAPAN BRONDONG

Authors

  • Mita Primana Sari KB Tunas Harapan Brondong

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v5i1.1156

Keywords:

Pop-Up Book, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di KB Tunas Harapan Brondong dengan pengaruh penerapan media pop-up book terhadap kemampuan bahasa anak usia dini. Sebelumnya hasil belajar siswa masih rendah dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajar guru perlu melakukan inovasi dalam penggunaan model pembelajaran supaya siswa tidak mudah bosan. Diharapkan siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran serta dapat aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru mengenai materi yang dipelajari. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengatahui keadaan awal, adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa KB Tunas Harapan Brondong. Sedangkan sampel yaitu kelompok A dan kelompok B, dan setelah dilakukan uji ternyata kedua kelas tersebut tidak terdapat perbedaan yang signifikan, sehingga peneliti mengambil kelompok A sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B sebagai kelompok kontrol. Desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Kelompok pertama diberi perlakuan (X) dan yang lain tidak diberi perlakuan. Kelompok yang diberi perlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelompok kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sujiono, Y, N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Yamjudah, S. dan N. K. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok Al. PAUD Teratali, 4(2), 1–4.

Halijah. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal SD Negri 010047 sei alim ulu, kab. Asahan. (online). Jurnal. Goretanpena.

Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cetakan kedua belas, Januari 2011. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kurniawati, Eriptha. 2018. Penerapan media pop up raksasa untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK dharma wanita betet kediri. Jurnal program studi PGRA. Vol. 8 No. 1

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alphabeta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta

Elisa, Diah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan.

Morison, G. S. 2012. Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Alih Bahasa: Suci Romadhona dian Apri Widiastuti). Jakarta : PT. Indeks.

Downloads

Published

2024-05-31