PENGARUH MEDIA KOCA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PADA KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL LERAN WERAN KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN

Authors

  • kholifatul Umamah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v1i2.1169

Keywords:

Media KOCA(koper baca), Kemampuan Berbahasa

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui pengaruh media koka terhadap perkembangan bahasa anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Leranwetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban sebelum dan sesudah diberikan perlakuan media koca ( membaca bagasi). Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode analisis jalur digunakan dalam pendekatan studi kuantitatif untuk menilai media KOCA kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Leranwetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Data primer dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner. Tingkat kesalahan pada = 0,05 juga dikonfirmasi oleh temuan penyelidikan ini menjadi 4,02 untuk Fhitung dan Ftabel. Signifikansi persamaan regresi tinggi karena Fhitung>Ftabel. Nilai Fhitung dari uji regresi linier adalah 1,08, sedangkan nilai Ftabel dengan tingkat signifikansi = 0,05 dan ukuran matriks desain dk = 33;20 adalah 2,04. Hal ini menunjukkan bahwa Budaya Kerja merupakan prediktor linier gaya kepemimpinan dalam model regresi. Temuan numerik di atas menunjukkan bahwa persamaan regresi linier dan sangat signifikan adalah Y=18,85+18,85X1

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Rosalina, “Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain,” Psycho Idea, vol. 9, no. 1, 2011.

M. P. dan K. R. Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Perkembangan Anak Usia Dini. 2014. [Online]. Available: https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_137_14_lampiran01.pdf

F. A. Fardyaz, “Riddle Goi Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Kosakata Bahasa Jepang Tingkat Dasar.” Universitas Komputer Indonesia, 2021.

R. Nugrahani and R. D. Permata, “VALIDASI MEDIA BUKU LIFT THE FLAP UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 691–696, 2021.

A. S. Ifadah, R. D. Permata, and N. Makhmudiyah, “MEDIA AUDIO DAN PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI,” JIEEC (Journal Islam. Educ. Early Childhood), vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.

Downloads

Published

2024-06-08

Issue

Section

Articles