PENGEMBANGAN MEDIA TREE CLEVER DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI DAN ANGKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CAHAYA MANDIRI

Authors

  • yulis ana wahyu anfika Taman Kanak-kanak Cahaya Mandiri
  • IFA EKAYATI

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v4i1.1171

Keywords:

Kognitif, Tree Vlever, Bentuk Geometri, Angka

Abstract

Tipe dari riset ini ialah riset pengembangan yang menciptakan hasil media Tree Clever. Tujuan dari riset ini ialah buat mengenali formalitas media Tree Clever buat menstimulus keahlian memahami wujud pada anak umur 5- 6 tahun di TK Sinar Mandiri. Riset ini memakai gaya ekspensi Borg and Gell dari Sugiyono. Ada pula tehnik gaya ekspensi Borg and Gall, antar lain: (1) Kemampuan serta permasalahan, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain, (6) Uji coba produk, (7) Perbaikan produk, (8) Uji coba konsumsi, (9) Perbaikan produk, (10) Penciptaan masal. Pada gaya akumulasi informasi periset memakai responden tertutup yang diberikan kepada validator sebagai para pakar. Validator yang ikut serta dalam riset ini ialah sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang pakar modul serta 3 orang pakar media. Tidak terdapatnya uji lapangan kepada partisipan didik disebabkan terdapatnya pandemi COVID-19 yang menimbulkan tidak terdapatnya aktivitas tatap muka di lembaga pembelajaran. Subjek dari riset ini ialah para validator yang berjumlah 5 orang. Sebaliknya buat objek dari riset ini ialah media Tree Clever. Bersumber pada hasil analisis informasi yang diperoleh dari para validator, didapatkan hasil dari pakar modul sebesar 72, 6% denga kriteria “layak”. Dari pakar media didapatkan hasil prosesntase kelayakan sebesar 83, 5% dengan kriteria “sangat layak”. Sehingga dari analisis kelayakan tersebut bisa ditarik kesimpulan kalau media ini layak digunakan buat meningkatkan keahlian anak memahami bentuk geometri dan angka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. Y. Nurjani and E. Jubaedah, “PENGENALAN BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE BERMAIN PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH BAGI ANAK USIA DINI,” J. Sport, vol. 4, no. 1, pp. 22–29, 2020.

D. H. Clements, J. Sarama, S. Swaminathan, D. Weber, and J. Trawick-Smith, “Teaching and learning Geometry: early foundations,” Quadrante, vol. 27, no. 2, pp. 7–31, 2018.

R. D. Permata, U. Yuliasari, and I. A. S. Ekayati, “Pengembangan Media Pembelajaran Kiddy Learning Binder untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini,” Indones. J. Early Child. J. Dunia Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 433–440, 2022.

I. A. S. Ekayati and D. L. Rosiqoh, “PENERAPAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 162–165, 2021.

A. A. Putri, “Recognize Geometry Shapes through Computer Learning in Early Math Skills,” J. Pendidik. Usia Dini, vol. 14, no. 1, pp. 50–64, 2020.

A. Efriani, Z. Zulkardi, R. I. I. Putri, and N. Aisyah, “A learning process for early childhood: a case of geometry and numbers,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1663, no. 1, p. 12021.

R. Nugrahani and R. D. Permata, “VALIDASI MEDIA BUKU LIFT THE FLAP UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 691–696, 2021.

T. Musfiroh, “Memilih, menyusun, dan menyajikan cerita untuk anak usia dini,” Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan),” Metod. Penelit. Pendidik., 2019.

M. Sugiyono, “penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D),” Bandung Penerbit Alf., 2015.

D. I. Efendi and E. N. Azizah, “PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB PUTRA BANGSA,” Thufuli J. Ilm. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 14–23, 2020.

Downloads

Published

2024-06-10