TEKNIK MOZAIK SEBAGAI METODE STIMULASI MOTORIK HALUS ANAK DI RA YANBU’UL ULUM

Authors

  • Ulya Ainur Rofi'ah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Aisyah Amatul Qayyum Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/gcej.v5i2.1477

Keywords:

Motorik Halus, Anak Usia Dini, Teknik Mozaik

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui perkembangan motorik halus di Raudhatul Athfal Yanbu’ul Ulum sebelum dan sesudah menggunakan teknik mozaik. Adapun media yang digunakan dalam teknik mozaik ini yaitu media kertas dan daun kering. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan Desain PTK Model Spiral Kemmis & Teggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam penggunaan teknik mozaik peneliti memakai media kertas origami pada siklus I dan media daun kering pada siklus II. Peneliti menemukan bahwa kegiatan ini dapat mengembangkan aspek motorik halus seperti menggunakan gunting dengan benar, merobek mengkoordinasikan antara mata dan tangan dan menempel potongan mozaik dengan rapih; 2) Perkembangan motorik halus pada saat sebelum diberi tindakan terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam kegiatan mozaik, hal ini terlihat dari hasil memegang gunting belum dikatakan benar dan kegiatan menempel kurang rapih tidak sesuai dengan pola gambar. Tindakan Kelas (PTK) pada kelas B RA Yanbu’ull Ulum kegiatan mengembangkan motorik halus menggunakan teknik mozaik dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelalksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian sebelum diberi tindakan atau pra siklus yaitu hanya mencapai 35%; 3). Perkembangan motorik halus pada saat sesudah diberi tindakan terdapat beberapa siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu pada Siklus I siswa yang mengalami peningkatan mencapai 64% sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan 81% maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil sesuai dengan capaian kriteria keberhasilan yaitu 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

U. A. Rofi’ah, D. Lestari, and M. Choiroh, “Finger Painting Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Di Era Society 5.0,” Alzam J. Islam. Early Child. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 28–35, 2024.

U. A. Rofi’ah and E. Fahrudi, “Pentingnya Pendidikan Agama dan Moral Bagi Anak Berspektif Hadist Pada Masa Covid-19 di Indonesia,” Alzam J. Islam. Early Child. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 29–39, 2023.

U. A. Rofi’ah, N. Khotimah, and P. I. Lestari, “Pengukuran Kreatifitas Anak Usia Dini Menurut EP Torrance,” Alzam J. Islam. Early Child. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 40–55, 2023.

U. A. Rofi’ah and A. A. Qayyum, “Peran Pendidik dalam Mencegah LGBT pada Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Khalimatus Sa’diyah Panyuran Palang Tuban,” Strateg. J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 37–44, 2023.

J. W. Santrock, “Perkembangan Anak, edisi ketujuh, jilid dua,” Jakarta: Erlangga, 2007.

E. Emzir, “Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data (Pertama).” Rajawali Press, 2010.

S. Verayanti and S. Muharrar, “Kreasi Kolase, Montase, dan Mozaik Sederhana.” Jakarta: Esensi, 2013.

U. Rofiah and E. Munastiwi, “Pemanfaatan Google Classroom dalam Mengoptimalkan Perkuliahan Perencanaan dan Evaluasi AUD di Masa Covid-19,” KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 253–272.

M. Kholifah, “Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa,” Ronggolawe Tuban Fak. Kegur. dan Ilmu Pendidik. Univ., 2018.

L. E. Retnaningsih and N. N. Rosa, Trik jitu menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini. Nawa Litera Publishing, 2022.

S. L. Iftitah, “Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini.” Duta Media Publishing, 2019.

A. Rukajat, Penelitian tindakan kelas (classroom action research): disertai contoh judul skripsi dan metodologinya. Deepublish, 2018.

K. B. T. DI TK ABA and K. BANTUL, “MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKNIK MOZAIK PADA ANAK KELOMPOK A.”

Downloads

Published

2024-10-31