IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA RAKSASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA ANAK DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.55719/gcej.v5i2.1481Keywords:
Ular Tangga, Raksasa, Literasi Numerasi, Era Society 5.0Abstract
Media pembelajaran berbasis permainan kini semakin populer dalam lingkungan pendidikan karena diyakini mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan. Pembelajaran literasi dan numerasi anak usia dini berperan penting dalam mengembangkan pemahaman dan mempersiapkan anak kurang tahap selanjutnya. Di era Masyarakat 5.0, penggunaan media interaktif untuk membaca, menulis, dan berhitung menjadi pilihan yang menarik. Penelitian ini fokus pada penerapan permainan ular tangga raksasa untuk mengembangkan perkembangan kemampuan literasi dan numerasi anak PAUD Kelompok B TK Bina Wiyata Desa Kepohagung Kecamatan Plumpang Tahun Pelajaran 2023/2024. Media Ular Tangga merupakan media pembelajaran yang meningkatkan literasi numerasi anak usia dini di Masyarakat 5 .0 zaman. Tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berhitung anak usia dini dengan menggunakan ular tangga raksasa. Di sini, anak-anak bermain ular tangga sebagai potongan permainan, mempelajari angka-angka pada dadu, dan juga mempelajari angka-angka pada papan ular tangga serta urutan dari angka terkecil hingga angka terbesar.
Downloads
References
Y. Yenti and A. Maswal, “Pentingnya peran pendidik dalam menstimulasi perkembangan karakter anak di PAUD,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 2045–2051, 2021.
A. A. Dzunnurain and N. I. S. Rakhmawati, “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Pada Era Transisi New Normal,” J. Ilm. Pesona PAUD, vol. 9, no. 1, pp. 46–58, 2022.
N. Yunaini and Y. Arnidha, “Perkembangan Fisik Masa Kanak-Kanak Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran,” in Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 2020, vol. 2, no. 1, pp. 313–330.
A. R. Kinasih, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Ular Tangga dalam Pembelajaran Literasi Materi Keanekaragaman Budaya Kelas IV SD Negeri 1 Bayemharjo.”
H. Haderani, “Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia,” Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 1, 2018.
H. Sulastri, “Pembelajaran di Era 5.0,” J. Univ. Negeri Gorontalo, pp. 265–276, 2021.
M. Suherman, H. Wijoyo, and I. Indrawan, “Industry 4.0 vs Society 5.0,” CV. Pena Persada, 2020.
E. Mulyati and S. Watini, “Implementasi model ATIK untuk meningkatkan literasi numerasi menggunakan bahan loostpart di TK Mutiara Setu,” JIIP-Jurnal Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 652–656, 2022.
M. Z. Hamzah and M. A. Khoiruman, “Media Pembelajaran dalam Menghadapi di Era Society 5.0,” Koloni, vol. 1, no. 2, pp. 444–453, 2022.
Y. N. E. Sary, “Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 137–142, 2018.
V. A. Prihatini and M. Mursid, “Implementasi permainan ular tangga raksasa dalam mengembangkan kognitif anak usia dini,” J. Early Child. Character Educ., vol. 2, no. 1, pp. 61–82, 2022.
N. M. S. Cahyani and N. W. Suniasih, “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD,” J. Penelit. Dan Pengemb. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2022.
M. Rusli, “Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus,” Al-Ubudiyah J. Pendidik. Dan Stud. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 48–60, 2021.
M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, Kaji. Ilm. Mata Kuliah Umum, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021.
R. Ramlah, N. Riana, and A. P. Abadi, “Mengembangkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Puzzel Edukatif-Interaktif,” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 7, no. 1, pp. 185–196, 2023.