PENERAPAN KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KEOMPOK B RA ISLAMIYAH
Keywords:
Kegiatan Kolase, Motorik Halus dan Bahan AlamAbstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan, diperoleh bahwa keterampilan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan media bahan alam pada anak kelompok B RA Islamiyah dinyatakan kurang. Sesuai dengan data yang terlihat dari 29 siswa dalam satu rombel di RA Islamiyah baru 7-8 anak yang kemampuan motorik halusnya sudah baik. Sebagian besar dari mereka masih belum mampu terampil menggerakkan jari tangannya pada saat di ajak kegiatan menggunting pola gambar. Penelitan ini mengambil fokus masalah tentang kurangnya keterampilan Motorik Halus pada anak-anak kelompok B RA Islamiyah Gaji. Berlandaskan pada latar belakang masalah tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian untuk mencari solusi atas permasalahan ini. Metode yang di gunakan berdasarkan referensi-referensi penelitian terdahulu
Downloads
References
[2] D. I. Efendi and I. A. S. Ekayati, “PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN TERHADAP KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 1, no. 1, pp. 28–32, 2017.
[3] M. S. Sumantri, “Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini,” Jakarta: Depdiknas, 2005.
[4] B. Mursid, “Pengembangan pembelajaran PAUD,” Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2015.
[5] S. Muharrar and V. Sri, “Kolase, montase, mozaik,” Semarang: Esensi, 2013.
[6] S. Muharrar and S. Verayanti, “Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana,” Jakarta: Erlangga, 2013.
[7] A. Husnah, “PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI TEKNIK KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM TERPADU INSAN MADANI TAHUN AJARAN 2017/2018.” Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, 2018.
[8] F. Sumardiah and R. Fitri, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DAUN KERING PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN,” PAUD Teratai, vol. 6, no. 1, 2016.
[9] A. I. Marlina, N. Nuraida, and S. S. Rizal, “UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK ANAK USIA DINI,” Tarbiyat al-Aulad J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, 2020.
[10] S. Muharrar, “Sri Verayanti.(2013),” Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana.
[11] A. Ramdhani, “STRATEGI GURU DALAM INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS SEJARAH MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER DI SMP NEGERI 2 BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013.” Universitas Negeri Semarang, 2013.
[12] N. Chayati, “Pengelolaan Pembelajaran Melalui Bermain Pasir Dan Air Pada Sentra Bahan Alam Di PAUD LAB SCHOOL UNNES Kota Semarang,” BELIA Early Child. Educ. Pap., vol. 3, no. 2, 2014.
[13] N. W. Misiyanti, D. P. Parmiti, and N. Wirya, “Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Konkret Melalui Kegiatan Kolase Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 2, no. 1, 2014.
[14] S. Arikunto, “Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2,” Jakarta Bumi Aksara, 2012.
[15] P. K. B. Depdiknas, “Kurikulum tingkat satuan pendidikan,” Jakarta: Depdiknas, 2006.
[16] P. D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan,” Pendekatan Kuantitatif, 2010.
[17] K. P. Nasional, “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009,” Jakarta Direktorat Pembin. TK dan SD, 2009.
[18] T. Depdiknas, “Strategi Pembelajaran MIPA.” Jakarta: Depdiknas, 2009.
[19] I. Barlian and D. Koryati, “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Inovasi Pembelajaran Guru.” Universitas Sriwijaya, 2012.
[20] P. Eldarni, “Pengertian Media pembelajaran.” 2017.