MEDIA BONEKA TANGAN: SEBUAH MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTUTUR ANAK

  • indah wahyuni TK Khoiriyatussibyan
Keywords: keterampilan berbicara, media boneka tangan

Abstract

Ketrampilan bertutur anak usia 5-6 tahun di TK Wildani dapat dikatakan kurang setlah dilakukan observasi dan wawancara pada  anak. Dapat dibuktikan dari 13 anak  dalam satu rombel di TK Wildani Desa Kenanti Kec. Tambakboyo Tuban, baru 4 anak yang keterampilan berbicaranya sudah baik. Sebagian besar dari mereka masih malu saat diajak berkomunikasi atau mengeluarkan ide, gagasannya. Proses pembelajaran menggunakan metode ceramah dan sering menggunakan LKA. Penelitian Tindakan kelas dari Model Kemmis dan Mc Taggart digunakan sebagai metode penelitian. Hasil observasi menunjukkan bahwa media boneka tangan mempunyai pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak. Pada pelaksanaan siklus I sebesar 61% dan meningkat pada siklus II mencapai 83%.

References

Arikunto, S. (2008). dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Bachri, S. B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud.
Dhieni, N. dkk. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.
Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, cet ke-2 (Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Muhammad, H. (2009). Statistik Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Musfiroh, T. (2008). Memilih, menyusun, dan menyajikan cerita untuk anak usia dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
pemerintah No, P. (n.d.). 137 tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Rozak, R. W. A., & Mulyati, Y. (2018). Sastra Dongeng dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 45–55.
Saputra, Y. M. (2005). Pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Sari, R. L. (2015). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK ABA DUKUH GEDONGKIWO YOGYAKARTA. Pendidikan Guru PAUD S-1.
Suhartono, S. (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
YERLIN, N. I. M. K. L. (2016). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B1 TK BAADIA KOTA BAUBAU SkripsiDiajukanuntukMemenuhi. IAIN KENDARI.
Published
2020-10-31
Section
Articles